Salin Artikel

PLN Resmikan 4 Proyek Strategis Nasional Kelistrikan di Lombok

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN sangat mendukung upaya pemerintah untuk menjadikan Mandalika sebagai primadona pariwisata dengan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Pulau Lombok.

Pembangunan pembangkit dan jaringan transmisi tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik untuk rumah tangga, perkantoran dan khususnya industri pariwisata di Pulau Lombok.

"Lima sampai tujuh tahun yang lalu, masyarakat mungkin belum puas dengan kondisi kelistrikan di Lombok. Sekarang dengan telah beroperasinya sistem Ring Lombok, masyarakat dapat menikmati listrik dengan kualitas yang lebih baik dan semakin mendukung iklim investasi pariwisata dan perindustrian di Lombok," kata dia melalui keterangan tertulis, Minggu (20/3/2022).

Lebih lanjut Darmawan menuturkan, pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dilaksanakan oleh PLN mampu mencerminkan perkembangan teknologi digital. Selain itu, menurutnya perlu juga melakukan efisiensi operasional dalam penyediaan tenaga listrik guna mewujudkan tercapainya PLN sebagai perusahaan kelistrikan nomor 1 di Asia Tenggara.

"Seperti yang kita ketahui, Lombok memiliki potensi pariwisata yang besar dengan kawasan destinasi super prioritas Mandalika. Apabila dapat dimanfaatkan dengan baik dan didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, maka sektor pariwisata Lombok dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat," kata dia.

PLN juga memetakan titik perkembangan dan potensi pelanggan, memproyeksi serta memprediksi arah perkembangan zaman. Ke depan, ia menilai teknologi kendaraan listrik akan menjadi kenyataan dan PLN disebut harus sudah siap.  

Darmawan mengatakan sebagai perusahaan menyediakan energi listrik, PLN juga harus menyediakan energi listrik yang ramah lingkungan dengan tetap mengusung semangat dekarbonisasi lewat energi bersih, energi baru terbarukan.

"Tantangan yang kita hadapi sekarang lebih kompleks. PLN tidak hanya dituntut menyediakan layanan kelistrikan yang andal, tetapi kita juga dituntut bisa merespon kebutuhan pelanggan dengan cepat. Dengan diresmikan infrastruktur ketenagalistrikan ini, layanan kelistrikan di sistem Lombok akan semakin andal dan kepuasan pelanggan akan bisa meningkat," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/03/20/131341126/pln-resmikan-4-proyek-strategis-nasional-kelistrikan-di-lombok

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.