Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Cara Cetak Rekening Koran BRI secara Online dan Offline

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring perkembangan teknologi, cara mencetak rekening koran kini semakin mudah. Nasabah bank bisa mencetak rekening koran secara online maupun offline.

Secara online, cara mencetak rekening koran biasanya dapat dilakukan melalui internet banking. Bagi nasabah Bank Rakyat Indonesia, tentu bisa melihat rekening koran BRI lewat akun internet banking BRI yang telah diaktifkan.

Seperti diketahui, keberadaan rekening koran BRI cukup penting bagi setiap nasabah. Rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening.

Umumnya, data pada rekening koran adalah rangkuman semua aktivitas rekening transfer masuk dan keluar, debit atau kredit dalam periode waktu tertentu.

Bisa dikatakan kegunaan rekening koran adalah untuk mengetahui ringkasan transaksi. Selain itu, manfaat lain dari rekening koran adalah sebagai syarat mendapatkan visa ke luar negeri, pengajuan pinjaman kredit, bukti hukum hingga audit keuangan perusahaan.

Lalu bagaimana cara cetak rekening koran BRI?

Seperti dijelaskan sebelumnya, cara mencetak rekening koran BRI dapat dilakukan secara online melalui internet banking BRI. Selain itu, nasabah juga bisa mencetak rekening koran BRI secara offline di kantor cabang BRI terdekat.

Nasabah cukup mengambil antrean di bank untuk bertemu dengan petugas customer service. Setelah itu, sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mencetak rekening koran BRI.

Adapun syarat mencetak rekening koran adalah nasabah wajib membawa buku tabungan asli, KTP pemilik rekening asli, kartu debit, dan membayar biaya cetak rekening koran.

Dikutip dari laman resmi BRI, cetak rekening koran BRI dibedakan pada tiap jenis tabungan dan giro nasabah. Sementara biaya cetak rekening koran BRI dimulai dari Rp 5.000 dengan minimal cetak transaksi 1 bulan.

Cara cetak rekening koran BRI online

Cara cetak rekening koran BRI online bisa dilakukan di mana dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor cabang. Jika dibutuhkan dalam bentuk kertas, maka nasabah BRI harus cetak melalui printer secara mandiri.

Berikut tahapan-tahapan atau cara cek rekening koran BRI online tanpa lewat internet banking BRI:

  • Buka browser lalu masuk ke laman https://ib.bri.co.id/ib-bri/.
  • Login dengan UserID, password, dan kode validasi.
  • Klik Login.
  • Pilih Rekening.
  • Pilih menu Mutasi Rekening.
  • Klik pilihan jenis rekening.
  • Masukkan periode transaksi yang ingin dicetak.
  • Setelah itu, catatan transaksi di rekening akan muncul.
  • Klik Gambar Print.
  • Simpan file di laptop.

Perlu diingat, mencetak rekening koran secara online biasanya terbatas. Jika nasabah ingin mengetahui transaksi rekening dalam jangka waktu 1 bulan atau lebih, dapat melakukannya di kantor cabang BRI terdekat.

Setelah mencetak rekening koran BRI, pastikan untuk menyimpan dokumen tersebut dengan baik agar bisa kembali digunakan sewaktu-waktu.

Itulah informasi seputar cara mencetak rekening koran BRI secara online dan offline dengan mudah dan praktis. 

https://money.kompas.com/read/2022/03/20/184552526/simak-cara-cetak-rekening-koran-bri-secara-online-dan-offline

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke