Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Omzet Bisnis Naik, Para Pekerja Pun Sejahtera berkat Program Kampus UMKM Shopee

Tak sedikit dari mereka mengalami kenaikan omzet sejak mengikuti program tersebut. Kondisi ini pun turut meningkatkan kesejahteraan ekonomi para pekerjanya.

Hal tersebut dialami oleh Mardani. Pria ini merupakan salah satu karyawan Indah Fashion26, toko fesyen online milik Wendi Paisal (26).

Ia mengatakan, sejak Wendi mengikuti Kampus UMKM Shopee, penjualan produk Indah Fashion jadi meningkat. Hal ini turut berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga Mardani.

“Alhamdulillah, setelah saya ikut sama Mas Wendi lalu dia memutuskan bergabung di Shopee, saya merasa terbantu secara ekonomi,” ujar Mardani kepada Kompas.com, Senin (21/3/2022).

Salah seorang pelatih di Kampus UMKM Shopee Bandung Ayu Subagya menuturkan, pelatihan yang diberikan dalam program ini berfokus pada optimalisasi berjualan online di Shopee. Tak heran, banyak pesertanya merasakan manfaat luar biasa.

Hal itu, lanjut Ayu, memang menjadi tujuan Shopee. Dengan bisnis yang semakin berkembang, para pelaku UMKM diharapkan bisa memberikan manfaat bagi sekitar.

Sebagai pelaku UMKM yang berdagang di Shopee, Wendi tak menampik pernyataan tersebut. Pasalnya, ia mengalami peningkatan penjualan produk secara signifikan sejak menerapkan ilmu-ilmu yang didapat dari Kampus UMKM Shopee.

Bahkan, ia mengungkapkan, bisa menerima 450 orderan dalam sehari. Omzet pun melesat hingga 60 persen.

Membahagiakannya lagi, usaha Wendi itu bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Adapun jumlah karyawan Indah Fashion hingga awal 2022 mencapai 42 orang, termasuk Mardani.

Wendi menerangkan, ada sembilan modul pelatihan yang diberikan dalam program itu. Seluruh materi dibawakan oleh trainer-trainer profesional di bidangnya.

“Sebelumnya, saya kurang paham fungsi dan cara menggunakan fitur iklan dan promo. Setelah mengikuti Kampus UMKM Shopee, saya belajar banyak strategi pemasaran. Salah satunya, memaksimalkan fitur iklan Shopee yang dapat membantu memaksimalkan performa toko,” akunya.

Ke depan, Wendi berencana untuk meningkatkan kualitas produk. Berbekal ilmu dari Kampus UMKM Shopee, ia juga bakal terus menerapkan metode efektif dan efisien dalam berjualan online.

Hal tersebut bertujuan agar performa toko Indah Fashion26 meningkat sehingga bisnis dapat berkembang semakin pesat.

Sebagai informasi, Kampus UMKM Shopee hadir di sejumlah kota di Indonesia, seperti Bandung, Solo, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, dan Medan. Sejak berdiri, program ini telah membantu ribuan UMKM lokal belajar mengoptimalkan penjualan online agar bisa berkembang.

https://money.kompas.com/read/2022/03/22/102100026/omzet-bisnis-naik-para-pekerja-pun-sejahtera-berkat-program-kampus-umkm-shopee

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke