Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pupuk Kaltim Catat Rekor Baru, Laba Tembus Rp 6,17 Triliun Sepanjang 2021

Direktur Utama PT Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi mengatakan, capaian laba tersebut adalah yang tertinggi sepanjang sejarah perusahaan berdiri. Perolehan laba tidak lepas dari peluang yang diambil perseroan selama pandemi Covid-19.

"Tahun 2021 sudah diaudit, kami mencapai profit Rp 6,17 triliun, tiga kali lipat dari target sebelumnya. Pupuk Kaltim mampu keluar dari Covid-19 dan bisa memanfaatkan peluang maka laba 2021 menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah Pupuk Kaltim," ucap Rahmad dalam konferensi pers paparan kinerja secara virtual, Kamis (24/3/2022).

Rahmad menuturkan, laba ditopang oleh kinerja produksi dan penjualan pupuk. Tercatat kinerja produksi mencapai 6,72 juta ton atau meningkat 104 persen dari target tahun 2021. Produksi pupuk mendominasi sekitar 3,56 juta ton, diikuti oleh amoniak 2,94 juta ton, dan NPL 217.000 ton.

Sementara itu, penjualan sepanjang tahun 2021 tembus 4,58 juta ton atau 99 persen dari target. Pupuk menjadi komoditas yang paling banyak terjual, yakni 3,49 juta ton. Kemudian, diikuti oleh amoniak 855.000 dan NPK 231.000.

"Kembali lagi tanpa penanganan Covid-19 yang luar biasa, teman-teman di pabrik tidak bisa mengejar target produksi ini. Kalau untuk penjualan sekitar 4,6 juta ton dan ini hampir sama dengan yang ditargetkan sebelumnya," ucap Rahmad.

Rahmad menjelaskan, kinclongnya kinerja perseroan juga tidak lepas dari beragam terobosan di tahun 2021, salah satunya digitalisasi. Lewat digitalisasi, kata Rahmad, PTK dinobatkan oleh pemerintah sebagai industri yang menjadi acuan bagi yang ingin menerapkan 4.0 di industrinya.

Ke depan, perusahaan bakal bertransformasi menjadi lebih besar untuk mencapai target pertumbuhan di tahun 2022. Setidaknya, ada 3 strategi jangka panjang yang disebutnya sebagai strategi pertumbuhan.

Ketiganya yakni efisiensi energi dan optimalisasi infrastruktur untuk keunggulan rantai pasok, diversifikasi dengan mengembangkan bisnis di sektor hilirisasi petrokimia dan gas alam serta energi terbarukan, dan menjangkau pasar dengan peningkatan kapasitas domestik dan ekspansi di pasar global.

"Tidak hanya efisiensi di sektor produksi, tapi di seluruh rantai pasok termasuk pengamanan suplai bahan baku, shipping out capacity, dan seterusnya," beber dia.


Lebih lanjut, strategi diversifikasi usaha yang dilakukan PKT tidak hanya terfokus pada potensi bisnis, melainkan berbasis pada energi terbarukan. Hal ini dilakukan seiring dengan komitmen perusahaan untuk memimpin transformasi industri petrokimia menjadi industri hijau.

Sementara dalam diversifikasi usaha dan ekspansi, PKT akan mengembangkan bisnis di sektor hilir petrokimia berbasis gas alam. Melalui hilirisasi, komoditas tersebut akan memiliki nilai tambah yang semakin tinggi, seperti hilirisasi amoniak yang dapat meningkatkan nilai tambah.

"Kita akan teruskan hilirisasi amoniak mulai dari misalnya, amonium nitrat, kita lanjutkan nanti dengan membangun pabrik sodaan. Lalu dari gas alam bisa terbentuk lagi satu produk yang namanya metanol, nanti kita akan kembangkan metanol," tandas Rahmad.

https://money.kompas.com/read/2022/03/24/133000726/pupuk-kaltim-catat-rekor-baru-laba-tembus-rp-6-17-triliun-sepanjang-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke