Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Kereta Api Jakarta-Garut Resmi Beroperasi, Erick Thohir: Mudik Lebaran Bebas Macet

Adapun Kereta Api Cikuray Ekspres menjadi kereta yang digunakan untuk melayani perjalanan Garut-Pasar Senen, Jakarta Pusat dengan estimasi waktu perjalanan yaitu 6 jam 28 menit.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, pengoperasian kembali Stasiun Garut Kota dan jalur Jakarta-Garut merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Ia mengatakan, sejalan dengan kebijakan keputusan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat mudik saat Lebaran, maka kereta api jalur Jakarta-Garut ini menjadi upaya untuk memberikan pelayanan mudik yang baik kepada masyarakat.

"Bagi warga yang ingin pulang kampung ke Jawa Barat, nah kereta Garut-Pasar Senen ini bisa menjadi salah satu rekomendasi transportasi untuk mudik Lebaran," ujar Erick seperti dikutip dalam keterangan resminya, Kamis (24/3/2022).

Menurut Erick, saat ini kereta api masih menjadi pilihan transportasi terpopuler saat mudik Lebaran karena penumpang bisa bersantai tanpa harus letih menyetir ataupun terjebak kemacetan.

"Ini menjadi rekomendasi (saat mudik Lebaran) karena pastinya bebas macet. Apalagi penumpang nantinya bisa lebih santai sambil menikmati pemandangan indah menuju Garut," imbuh dia.

Mantan Bos Inter Milan itu mengaku bersyukur bahwa tahun ini masyarakat bisa mudik ke kampung halaman dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Sebab selama dua tahun berturut-turut ada larangan mudik demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

Kendati demikian, ia mengimbau kepada masyarakat yanng akan mudik untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Pemudik tetap harus memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2022/03/24/140708726/jalur-kereta-api-jakarta-garut-resmi-beroperasi-erick-thohir-mudik-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke