Salin Artikel

Luhut Mengaku Pernah Dikritik Pemerintah AS, Ini Penyebabnya

Menurut Luhut, hal itu terjadi karena produk AS telah dihilangkan dari e-katalog milik Pemerintah Indonesia. Hal ini ia sampaikan dalam penutupan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri, di Bali, Kamis (24/3/2022).

"Memang saya pernah dikritik oleh Pemerintahan Amerika, Dubesnya (AS) datang ke saya dengan timnya mengatakan 'kenapa Mister Luhut, banyak produk kami dicabut dari e-katalog?'," kata dia secara virtual.

"Saya bilang ke dia (Dubes AS), 'eh Amabasador, Presidenmu yang mengajari kami. Karena kami baca executive order-nya, dia bilang Amerika first, gunakan produk Amerika'. Jadi saya bilang, kita ikutin kamu, kita gunakan produk dalam negeri. Dia enggak bisa ngomong sejak itu," sambung Luhut.

Setelah kejadian itu, Luhut mengaku selalu menyampaikan kepada para tamu negara yang datang bahwa kemajuan Indonesia tak bergantung oleh negara-negara maju.

Justru kata dia, Indonesia harus mampu memacu produk dalam negeri agar bisa setara dengan produk negara-negara maju.

"Jadi apa yang mau saya katakan kepada kita semua, bangsa ini kalau mau jadi bangsa maju jangan pernah bermimpi bangsa maju itu mendorong negara berkembang seperti kita untuk menjadi negara maju. Jangan pernah bermimpi. Kita yang harus membuat negara kita ini maju," ucapnya.

Selain itu, Luhut menilai e-katalog perlu dilakukan perombakan drastis. Ia juga mengatakan dirinya melaporkan hal tersebut kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Kita coba perbaikin sana sini, sana sini, kungfu kiri kanan enggak beres-beres. Saya lapor ke Bapak Presiden, mesti ada reform mengenai e-katalog. Karena ada Rp 1.170 triliun (anggaran) dan tiap tahun angka itu naik. Ini yang menjadi masalah. Padahal, kalau kita belanjakan itu dalam negeri akan menciptakan dampak luar biasa," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2022/03/24/181346926/luhut-mengaku-pernah-dikritik-pemerintah-as-ini-penyebabnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.