Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Dulu Saya Dituduh Sama China Segala Macam, Lihat Dampaknya ke RI...

Data yang ia tunjukkan ini juga pernah ditunjukkan kepada para investor di Singapura, baru-baru ini. Dari data itu, para investor Singapura pun terheran-heran.

"Dulu saya dituduh sama China segala macam, saya tunjukkin slide. Apa dampaknya kita bekerja sama dengan Tiongkok? Ini kalau kita lihat pertumbuhan ekonomi di triwulan keempat kembali 5,02 persen. Kita yang sempat terjerumus ini," ucapnya ditayangkan secara virtual, Kamis (24/3/2022).

Inflasi Indonesia vs AS

Dari sisi inflasi, Indonesia kini bisa menekan angka satu digit dibandingkan negara maju seperti Amerika Serikat (AS). Tadinya, inflasi RI pernah mencapai dua digit.

"Inflasi kita paling salah satu terkecil di dunia. Ukuran satu negara itu lihat inflasi. Dulu saya ingat, kita inflasi 10 persen atau double digit, Amerika itu satu atau dua persen. Sekarang terbalik, kita 2,06 persen, Amerika itu sembilan sampai 10 persen. Dunia itu berbalik," kata dia.

Penanganan Covid-19

Di sisi lain, lanjut Luhut, tidak hanya berkat kerja sama dengan China, Indonesia bisa berkembang positif, tetapi dari penanganan Covid-19 juga diacungin jempol oleh negara-negara lain.

"Kenapa di saat terjadi efisiensi kita kompak? Kalau penanganan Covid-19 itu tidak jelas, ya kita bubar hari ini. Dan itu orang melihat kagum kepada Anda sekalian (bangsa RI)," ujarnya.


Dua hari lalu, Luhut meyakinkan para investor di Singapura bahwa transformasi ekonomi sedang terjadi di Indonesia.

Hal itu disampaikan saat berdialog dengan para investor Singapura di Hotel Marriott Singapura, Selasa (22/3/2022).

Luhut mengatakan program hilirisasi sedang berlangsung dan efisiensi yang terus ditingkatkan akan semakin mengukuhkan perekonomian Indonesia.

Luhut percaya program hilirisasi mineral yang dilakukan akan mendongkrak nilai ekspor Indonesia. Tahun lalu, nilai ekspor mencapai angka 232 miliar dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2022/03/24/184500426/luhut--dulu-saya-dituduh-sama-china-segala-macam-lihat-dampaknya-ke-ri-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke