Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkatkan Kompetensi SDM Maluku Utara, IWIP dan Kemenperin Buka Program Setara D1 Pengolahan Logam

KOMPAS.com – Perusahaan smelter nikel, PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merealisasikan program Pendidikan Setara Diploma Satu (D1) Bidang Pengolahan Logam.

Kolaborasi tersebut bertujuan menciptakan sumber daya manusia (SDM) Maluku Utara yang terampil dan berdaya saing, khususnya di sektor industri pengolahan logam.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arus Gunawan mengatakan, pihaknya telah menyelenggarakan dan mengembangkan program Pendidikan Setara D1 Vokasi industri Berbasis Kompetensi.

Pada 2021, sebanyak 981 mahasiswa mengikuti pendidikan yang tersebar di 21 kabupaten atau kota di 11 Provinsi. Pada 2022, BPSDMI menargetkan sebanyak 1.100 mahasiswa mengikuti program ini.

“Salah satunya dilaksanakan bersama IWIP melalui kerja sama di bidang pengolahan logam dengan total peserta 96 mahasiswa,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (24/3/2022).

Dia mengatakan itu saat menghadiri penandatanganan kerja sama antara BPSDMI Kemenperin dengan Vice President IWIP Kevin HE di Kawasan Industri Weda Bay, Halmahera Tengah, Maluku Utara, Jumat (18/3/2022).

Program Pendidikan Setara D1 Vokasi Industri Berbasis Kompetensi tersebut terbagi menjadi tiga program studi, yakni Pengelasan, Kimia Mineral, dan Teknik Instalasi Listrik

Arus juga menuturkan, pihaknya menugaskan Politeknik Industri Logam Morowali sebagai mitra IWIP.

Sebab, politeknik tersebut telah sukses menyediakan SDM industri yang kompeten di Kawasan Industri Morowali dan memiliki kesamaan dengan Kawasan Industri Weda Bay.

“Kami juga berkomitmen mendukung program vokasi yang link and match antara industri dengan pendidikan tinggi untuk memenuhi kebutuhan sektor industri yang selama ini belum bisa terpenuhi,” katanya.

Lebih khusus lagi, lanjut Arus, sektor pengolahan logam saat ini sedang didorong untuk berkembang di kawasan industri wilayah timur Indonesia.

Sementara itu, Kevin HE mengatakan, sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, IWIP siap berkontribusi aktif dalam mendukung program Pendidikan Vokasi lndustri dan SDM dalam menyiapkan tenaga kerja industri yang kompeten.

“Dengan begitu, kita memiliki daya saing yang unggul di Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara,” katanya.

Adapun penandatanganan perjanjian tersebut turut disaksikan Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Kemaritiman) Rasman Manafi.

Rasman mengatakan, pengembangan wilayah di Halmahera nantinya tidak hanya untuk sektor pertambangannya saja, tetapi juga untuk sektor perikanan dan maritim.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan akan memperkecil competency gap antara dunia industri dengan dunia pendidikan yang akhirnya tercipta SDM industri kompeten tanpa adanya retraining oleh industri,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Rasman, program pendidikan tersebut diharapkan dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Halmahera Tengah, Maluku Utara. 

https://money.kompas.com/read/2022/03/28/083000126/tingkatkan-kompetensi-sdm-maluku-utara-iwip-dan-kemenperin-buka-program-setara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke