Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasar e-Commerce dan FMCG Meningkat, Bisnis Logistik Indonesia Ikut Terangkat

Untuk perusahaan patungan baru ini akan dipimpin Bonny Setiawan sebagai CEO. 

Timothy Daly, CEO PT Nirvana Wastu Pratama mengatakan, hal yang mendasari kerja sama NWP dan CRE Asia adalah soal ketersedian prasarana logistik modern di Indonesia saat ini masih belum mencukupi, sementara permintaan logistik terus meningkat. 

Perluasan perdagangan omnichannel dipercaya menjadi penyebab meningkatnya permintaan logistik, terutama dari dunia ritel.

Selain itu, lanjut Timothy, peluang sewa dari perusahaan logistik pihak ketiga (third-party logistics companies/3PL), dan perusahaan FMCG (fast-moving consumer goods company) juga terus meningkat.

Ia menambahkan, saat ini pasokan gudang di Indonesia berada di belakang negara mitra industrinya, China dan Jepang, yang masing-masing memiliki 10-40 kali luas gudang per kapita dibandingkan dengan Indonesia.

"Tren omni-commerce yang berkelanjutan secara global juga menjadi faktur utama pencetusnya, dan kami melihat sinergi yang strategis pada Joint Venture ini, dimana di
dalamnya terdapat pusat pengiriminan last-mile dan platform ritel berbasis komunitas yang terus berkembang,” kata Timothy Daly melalui rilis, Senin (28/3/2022). 

“Keputusan untuk berinvestasi ke pasar prasarana logistik Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Ini merupakan peluang yang signifikan untuk mengembangkan aset logistik berkualitas tinggi untuk melayani perusahaan dengan permintaan yang terus meningkat termasuk operator e-commerce dan FMCG," tambah Bonny Setiawan. 

Sebagai informasi, PT Nirvana Wastu Pratama didirikan pada 2015 sebagai perusahaan patungan antara Warburg Pincus dan PT City Retail Developments Tbk (NIRO).

Perseroan memungkinkan transaksi perdagangan daring melalui fasilitas logistik jarak jauh (last-mile logistics) dan pusat distribusi, serta transaksi perdangan secara tatap muka melalui jaringan independen terbesar dari pusat ritel modern berbasis komunitas di Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2022/03/28/195202226/pasar-e-commerce-dan-fmcg-meningkat-bisnis-logistik-indonesia-ikut-terangkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke