Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Sengketa,  Pembicaraan Penjualan Produk Unit Link Wajib Direkam!

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Riswinandi mengatakan, salah satu poin penting yang diatur dalam ketentuan itu ialah kewajiban merekam pada saat proses penjualan produk unit link. Rekaman ini bisa berbentuk video maupun audio, dan wajib disimpan oleh perusahaan asuransi.

Rekaman tersebut nantinya bisa digunakan sebagai bukti ketika terjadi suatu perselisihan. Dengan demikian, ketentuan ini diharapkan dapat menjawab permasalahan sengketa antara nasabah dan perusahaan asuransi.

"Jadi perusahaan asuransi harus punya sistem untuk menyimpan rekaman itu di dalam mainframe dia, sehingga terjadi sesuatu bisa dibuka," ujar dia, dikutip Selasa (29/3/2022).

Adapun dalam proses penjualan tersebut, perusahaan wajb menjelaskan mengenai manfaat, biaya, risiko pada produk yang ditawarkan, dan fitur tambahan (jika ada). Selain itu, rekaman itu juga harus memuat pernyataan pemahaman calon pemegang polis terhadap produk tersebut.

"Kalau dia sudah paham harus tanda tangan. Kalau dia ada yang tidak paham, ditulis di aturan itu untuk tidak menandatangani dan tidak melanjutkan proses pembelian," tutur Riswinandi.

Selain itu, OJK juga mewajibkan adanya welcome call yang dilakukan pihak lain di industri asuransi kepada nasabah yang baru membuka produk unit link. Ini dilakukan untuk memastikan proses penjualan telah membantu nasabah memahami produk unit link yang dimiliki.

"Hasil kegiatan welcome call ini juga kita minta rekam. Ini juga harus dievaluasi proses rekaman pada waktu jualan dan welcome call sinkron enggak nih," kata Riswinandi.

Riswinandi menegaskan, layaknya produk asuransi pada umumnya, unit link memiliki fungsi utama sebagai proteksi, bukan tabungan, apalagi menambah kekayaan. Ini perlu diingat oleh masyarakat, agar tidak tertipu oleh iming-iming penjualan asuransi.

"Ada salah kaprah pemahaman bahwa yang dikaitkan dengan investasi ini bisa nambah kekayaan," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/03/29/114000926/cegah-sengketa-pembicaraan-penjualan-produk-unit-link-wajib-direkam-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke