Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KAI Mulai Jual Tiket Kereta Api Mudik Lebaran

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai membuka penjualan tiket kereta api untuk mudik lebaran 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, mulai besok penumpang KAI dapat memesan tiket kereta untuk sebelum dan setelah Idul Fitri tahun 2022.

Hingga hari ini KAI masih menerapkan kebijakan penjualan tiket kereta api jarak jauh 30 hari (H-30) sebelum tanggal keberangkatan.

"Per 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April-16 Mei 2022 dan seterusnya," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (31/3/2022).

Perubahan ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran.

Menurutnya, tiket kereta api untuk periode mudik lebaran masih cukup banyak tersedia sehingga masyarakat bisa langsung memesan tiket untuk mudik lebaran.

Pasalnya, sampai dengan 31 Maret 2022, KAI baru menjual 155.672 tiket untuk keberangkatan periode 22-30 April atau 15 persen dari total tiket yang disediakan.

"Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," kata Joni.

Tiket untuk Angkutan Lebaran 1443 H dapat dipesan di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, atau seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Dalam rangka menghadapi angkutan lebaran ini, KAI telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

KAI bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan stakeholder lainnya telah melaksanakan kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api.

Untuk menyelenggarakan angkutan lebaran di masa pandemi Covid-19 ini, KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah.

Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer. Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan.

KAI berupaya konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik.

"Momen angkutan lebaran ini tentu dirindukan masyarakat untuk kembali mudik ke kampung halaman. KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan selalu menjaga protokol kesehatan," tutur dia.

https://money.kompas.com/read/2022/03/31/164817226/kai-mulai-jual-tiket-kereta-api-mudik-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke