Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiket Kereta Api Periode Mudik Lebaran Baru Terjual 15 Persen, Paling Banyak Tujuan Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru menjual 15 persen atau 155.672 tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan periode 22-30 April 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penumpang paling banyak memesan tiket untuk kereta api Airlangga relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi pp, KA Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari pp, KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng pp, dan KA Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta pp.

Sementara untuk tanggal keberangkatan terbanyak dipesan untuk 30 April 2022, 29 April 2022, dan 28 April 2022.

"Tiket KA pada masa angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan Lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," ujar Joni dalam keterangan resmi, Kamis (31/3/2022).

Per 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April hingga 16 Mei 2022 dan seterusnya.

Calon penumpang dapat membeli tiket untuk perjalanan mudik lebaran 2022 melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

"KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan," ucapnya.


Dalam rangka menghadapi Angkutan Lebaran ini, KAI telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

KAI bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan stakeholder lainnya telah melaksanakan kegiatan Ramp Check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api.

"Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api," kata Joni.

KAI menetapkan masa angkutan Lebaran pada H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022.

Pada periode tersebut, KAI menjadwalkan perjalanan kereta api rata-rata sebanyak 401 kereta api per hari. Dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata sebanyak 216.608 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal per hari.

Hal ini tentu sesuai aturan dari pemerintah, di mana kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen dan untuk KA Lokal yaitu 70 persen.

https://money.kompas.com/read/2022/03/31/171627326/tiket-kereta-api-periode-mudik-lebaran-baru-terjual-15-persen-paling-banyak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke