Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

LRT Jabodebek Ditargetkan Beroperasi Penuh September 2022

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, per 25 Maret 2022, progres pembangunan tahap 1 LRT Jabodebek telah mencapai 90,2 persen.

Dengan rincian, Lintasan Cawang-Cibubur 94,6 persen, lintasan Cawang-Dukuh Atas 89,6 persen, dan lintasan Cawang-Bekasi Timur 87,6 persen.

Pembangunan LRT Jabodebek Tahap 1 terdiri dari tiga lintas pelayanan dengan total panjang jalur sepanjang 44,43 kilometer yang melintasi 18 stasiun, yaitu lintas Cawang–Cibubur, Cawang–Dukuh Atas, dan Cawang–Bekasi Timur.

Menurutnya, aspek keselamatan menjadi aspek utama dalam pembangunan transportasi massal seperti LRT Jabodebek.

Untuk itu dia berpesan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pekerjaan proyek LRT Jabodebek agar memiliki etos kerja yang mengutamakan keselamatan.

"Kami memastikan serangkaian pengujian telah dilakukan sebelum dilakukannya soft launcing pada 17 Agustus 2022 nanti sebagai hadiah kemerdekaan. Ini merupakan sebuah karya anak bangsa yang bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan bangsa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (1/4/2022).

Sementara itu, soft launching LRT Jabodebek ditargetkan akan dilakukan berbarengan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022.

Pada hari ini, Menhub mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meninjau proyek LRT Jabodebek.

Dalam tinjauannya, kedua menteri tersebut menjajal langsung mode otomatis atau driverless di LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti Cibubur menuju Stasiun TMII dan berakhir di Depo Stasiun LRT Bekasi Timur.

Luhut mengungkapkan, progres pembangunan LRT berjalan lancar baik dari sisi finansial, teknologi, dan konstruksi. LRT Jabodebek juga nantinya akan terintegrasi dengan moda lainnya, seperti kereta cepat Jakarta-Bandung, angkot, Transjakarta, dan moda lainnya.

"Semua progres LRT berjalan dengan baik dan pada 17 Agustus 2022 akan kita lakukan soft launching," kata Luhut.

Turut hadir dalam tinjauan, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, dan sejumlah perwakilan dari PT KAI, PT Adhi Karya, INKA, dan LEN.

https://money.kompas.com/read/2022/04/01/181000526/lrt-jabodebek-ditargetkan-beroperasi-penuh-september-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke