Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik Lebaran, Kemenhub Targetkan KA Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi Pekan Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pelayanan kereta api Bogor–Sukabumi kembali beroperasi pada pekan depan.

Setelah melakukan inspeksi uji coba pengoperasian jalur ganda kereta api Bogor di Stasiun Paledang–Stasiun Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta api Bogor–Sukabumi ini telah banyak melayani pergerakan masyarakat maupun barang.

"Oleh karenanya, kami membangun jalur ganda dan melakukan sejumlah rekayasa guna mengurangi ketinggian jalur kereta, agar kapasitas bertambah dan kecepatannya meningkat," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (3/4/2022).

Dia melanjutkan, setelah membangun jalur ganda, Kemenhub akan membangun atau merevitalitasi stasiun-stasiun yang melayani lintas Bogor-Sukabumi dengan konsep heritage.

Hal ini bertujuan agar bisa menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat di Jakarta, Bogor, Sukabumi, dan sekitarnya.

"Di kawasan Cicurug ini sejarahnya dulu adalah pusatnya para seniman. Jadi kami ingin mengembangkan stasiun ini sekaligus akan mewadahi karya-karya para seniman seperti lukisan di kayu jati, dan lain sebagainya," ucapnya.

Pembangunan jalur ganda Bogor-Cicurug-Sukabumi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan pembiayaan yang berasal dari Surat Berharga Syariah Nasional dan APBN multiyears per tahun jamak.

Adapun lintasan jalur ganda Bogor - Sukabumi dengan total sepanjang 57,650 kilometer spoor ini telah selesai dikerjakan sepanjang 26,6 kilometer spoor pada segmen Paledang BogorCicurug.

Sedangkan untuk segmen parsial Cicurug – Sukabumi dengan total sekitar 31,05 kilometer spoor rencananya akan dikerjakan pada tahun ini.

Kehadiran kereta api Bogor–Sukabumi yang nantinya akan dioperasikan oleh PT KAI ini, akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari yang semula lebih dari 100 menit menjadi sekitar 80 menit.

Selain itu, jalur ganda ini meningkatkan frekuensi kereta api penumpang dari 6 trip menjadi 12 trip dan frekuensi kerea api barang dari 2 trip menjadi 8 trip. Selain itu, juga dapat meningkatkan jumlah rangkaian dari 6 menjadi 8 rangkaian.

https://money.kompas.com/read/2022/04/04/114000626/mudik-lebaran-kemenhub-targetkan-ka-bogor-sukabumi-kembali-beroperasi-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke