Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Ibu-ibu "Semprot" Pejabat Kemendag: Kalau Puasa Harga Minyak Goreng Naik, Awas Saya Datang Lagi ke Sini...

Dalam video yang viral tersebut, terlihat beberapa orang ibu yang berhadapan dengan pejabat Kemendag dalam sebuah ruangan. Cek video di link ini. 

Salah seorang di antaranya menunjukkan kekesalahannya karena harga minyak semakin mahal. Padahal, Indonesia merupakan negara penghasil Crude Palm Oil (CPO).

Dengan suara lantang, ibu tersebut juga membandingkan harga minyak goreng di tanah air dengan di negara tetangga Malaysia yang jauh lebih murah, dan mempertanyakan, bagaimana mungkin hal tersebut bisa terjadi.

“Di Malaysia, yang bukan penghasil CPO terbesar di dunia, bisa kasih harga Rp 8.000 per liter. Bagaimana Indonesia yang merupakan penghasil CPO terbesar di dunia, kasih harga Rp 14.000 per liter saja tidak bisa,” ungkap ibu tersebut.

Dikeluhkan juga, dengan kenaikan harga minyak goreng yang terjadi telah menyusahkan hidup masyarakat, khususnya kaum ibu untuk memasak. Mereka juga menekankan, agar pemerintah segera menurunkan harga minyak goreng, terutama saat bulan Ramadhan.

“Dan itu harga bukan naik , tapi ganti harga. Itu kami tidak terima. Bagaimana kami hidup dengan keadaan seperti itu. Saya enggak mau tahu, kalau besok puasa harga naik, awas bapak saya datang lagi ke sini,” ujar ibu tersebut, bernada ultimatum.

Samar–samar terdengar salah seorang pejabat Kemendag yang mengatakan, “Siap bu”.

Salah seorang pejabat Kemendag yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, di lingkup Kemendag memang sering terjadi demo, namun sebagai upaya meredam emosi masyarakat, Kemendag membuka diri untuk menerima aspirasi tersebut.


BLT minyak goreng

Sebelumnya, Kemendag telah berupaya menekan harga minyak goreng dengan memberlakukan aturan harga eceran tertinggi (HET). Namun, justru kebijakan tersebut membuat minyak goreng langka.

Setelahnya, pemerintah mencabut kebijakan HET minyak goreng dan menyerahkan harga minyak goreng kepada mekanisme pasar.

Sayangnya, meski ketersediaan minyak goreng melimpah, namun harganya melonjak signifikan.

Menyikapi hal tersebut Presiden Joko Widodo mengumumkan akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng yang rencananya akan dilakukan pada April 2022.

BLT Minyak Goreng ini merupakan bentuk bansos kepada masyarakat senilai Rp 100.000 yang akan diberikan selama tiga bulan (April, Mei, dan Juni) namun pembayarannya digabung di awal sebesar Rp 300.000.

"Bantuan itu akan diberikan pada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan," jelas Jokowi. 

https://money.kompas.com/read/2022/04/04/140000926/viral-video-ibu-ibu-semprot-pejabat-kemendag--kalau-puasa-harga-minyak-goreng

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke