Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalani "Fit and Proper Test" OJK, Bos BEI Inarno Djajadi Beberkan Rencana Pengembangan Pasar Modal Indonesia 2022-2027

Dalam gelaran fit and proper test tersebut, Inarno mengungkapkan, lima rencana yang ia siapkan untuk mengembangkan industri pasar modal Indonesia pada tahun 2022-2027.

Rencana pertama ialah pengaturan untuk mengakselerasi pendalaman pasar, melalui keberadaan variasi produk dan layanan jasa sektor keuangan yang efisien.

Langkah itu akan dilakukan melalui perluasan skema penggalangan dana jangka panjang, penyempurnaan mekanisme perdagangan, hingga efisiensi proses penyelesaian.

"Kemudian, meningkatkan akselerasi program yang berkaitan dengan ekonomi hijau," ujar Inarno, Kamis.

Akselerasi tersebut bakal dilaksanakan melalui skema insentif terhadap penerbit maupun instrumen keuangan berorientasi keuangan berkelanjutan.

Ketiga, pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) itu bilang, pengembangan pasar modal akan dilakukan melalui penguatan kerangka kebijakan.

"Untuk meningkatkan peran pelaku industri dalam pengembagnan sektor keuangan yang sejalan dengan best practice dan market conduct," katanya.

Rencana tersebut akan direalisasikan melalui penguatan infrastruktur perdagangan SRO pasar modal dan penguatan peran intermediasi dan potensi perluasan intermediasi jasa keuangan.

Keempat, Inarno berencana meningkatkan serangkaian upaya dalam rangka perlindungan konsumen, dengan cara mengakselerasi kegiatan edukasi bersama pelaku industri dan penguatan disclosure perusahaan publik.

"Terakhir, memperkuat kerangka kebijakan layanan keuangan digital untuk penguatan kredibilitas sektor keuangan dan peningkatan kepercayaan masyarakat," kata Inarno.

Penguatan itu akan dilakukan dengan memperkuat inovasi layanan keuangan digital sesuai best practice sekaligus penguatan infstaruktur yang dapat mencegah dari potensi serangan siber dan berbagai potensi kejahatan lain.

https://money.kompas.com/read/2022/04/07/123614026/jalani-fit-and-proper-test-ojk-bos-bei-inarno-djajadi-beberkan-rencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke