Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inarno Djajadi Targetkan Kapitalisasi Pasar Tembus Rp 15.000 Triliun hingga 1.100 Perusahaan Tercatat pada 2027

Salah satu target utama yang dipatok oleh Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) itu adalah, nilai kapitalisasi pasar bursa yang mencapai lebih dari Rp 15.000 triliun pada 2027, melonjak signifikan dari nilai saat ini di kisaran Rp 8.970 triliun.

"Kita harapkan di 2027 kapitalisasi pasar kita bisa mencapai Rp 15.000 triliun, setara 60 persen PDB (produk domestik bruto)," ujar dia, dalam gelaran Fit and Proper Test di Komisi XI DPR RI, Kamis (7/4/2022).

Kemudian, Inarno juga menargetkan pertumbuhan nilai rata-rata transaksi harian bursa, dari Rp 13,37 triliun per hari pada saat ini, menjadi Rp 25 triliun pada 2027.

Lalu, dari sisi jumlah perusahaan tercatat, Inarno menargetkan adanya lebih dari 60 perusahaan tercatat baru setiap tahunnya, sehingga pada 2027 ditargetkan terdapat 1.100 perusahaan yang melantai di BEI.

"Per kemarin (6/4/2022) saya degar sudah di 780," katanya.

Terakhir, jumlah investor di pasar modal diharapkan dapat bertumbuh secara pesat, selaras dengan tingginya potensi angkatan kerja kelas menengah nasional, di mana pada 2027 ditargetkan terdapat lebih dari 20 juta investor pasar modal.

Strategi Inarno

Untuk mencapai target-target tersebut, Inarno telah menyiapkan 5 rencana untuk mengembangkan industri pasar modal Indonesia pada tahun 2022-2027.

Pertama ialah pengaturan untuk mengakselerasi pendalaman pasar, melalui keberadaan variasi produk dan layanan jasa sektor keuangan yang efisien.

Langkah itu akan dilakukan melalui perluasan skema penggalangan dana jangka panjang, penyempurnaan mekanisme perdagangan, hingga efisiensi proses penyelesaian.


"Kemudian, meningkatkan akselerasi program yang berkaitan dengan ekonomi hijau," ujar Inarno.

Akselerasi tersebut bakal dilaksanakan melalui skema insentif terhadap penerbit maupun instrumen keuangan berorientasi keuangan berkelanjutan.

Ketiga, pengembangan pasar modal akan dilakukan melalui penguatan kerangka kebijakan.

"Untuk meningkatkan peran pelaku industri dalam pengembagnan sektor keuangan yang sejalan dengan best practice dan market conduct," katanya.

Rencana tersebut akan direalisasikan melalui penguatan infrastruktur perdagangan SRO pasar modal dan penguatan peran intermediasi dan potensi perluasan intermediasi jasa keuangan.

Keempat, Inarno berencana meningkatkan serangkaian upaya dalam rangka perlindungan konsumen, dengan cara mengakselerasi kegiatan edukasi bersama pelaku industri dan penguatan disclosure perusahaan publik.

"Terakhir, memperkuat kerangka kebijakan layanan keuangan digital untuk penguatan kredibilitas sektor keuangan dan peningkatan kepercayaan masyarakat," kata Inarno.

Penguatan itu akan dilakukan dengan memperkuat inovasi layanan keuangan digital sesuai best practice sekaligus penguatan infstaruktur yang dapat mencegah dari potensi serangan siber dan berbagai potensi kejahatan lain.

https://money.kompas.com/read/2022/04/07/141351926/inarno-djajadi-targetkan-kapitalisasi-pasar-tembus-rp-15000-triliun-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke