Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dian Adiana Rae Jadi Kepala Pengawas Perbankan OJK, Janji Prioritaskan Agenda-agenda Ini

Dian Ediana nantinya akan menggantikan posisi Heru Kristiyana yang masa jabatannya akan segera habis.

Dalam gelaran fit and proper test yang dilaksanakan pada Rabu (6/4/2022) kemarin, Dian menyampaikan enam agenda prioritas serta inisiatif strategis yang bakal dilakukan di sektor perbankan.

Prioritas pertama ialah dukungan perbankan terhadap pemulihan ekonomi nasional, mengingat sektor ini memiliki porsi yang besar terhadap perekonomian nasional.

"Saya rasa kita sama-sama mengetahui bahwa memang perbankan ini memang hampir 80 persen total aset keuangan kita, itu tentu saja sangat memainkan peran yang luar biasa di dalam upaya kita bagaimana mengatasi persoalan-persoalan ekonomi bangsa," tutur Dian.

Untuk merealisasikan hal tersebut Dian berencana memperluas akses keuangan dan permodalan bagi pengembangan usaha, penguatan korporasi, sehingga pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Kemudian, prioritas kedua ialah optimalisasi pengembangan UMKM, yang notabenenya merupakan penggerak utama roda perekonomian nasional.

"Saya kira tantangannya itu bagaimana kita harus mampu sebetulnya memutus vicious cycle dari rantai UMKM ini," ujar Dian.

Agenda prioritas ketiga ialah pembenahan struktur pasar yang belum efisien, cenderung terpecah-pecah atau fragmented, bahkan dinilai cenderung rumit.

Mengatasi hal tersebut, Dian berencana melakukan penyederhanaan jenis dan jumlah bank dengan skala bisnis yang lebih besar.

"Kita mengetahui bank-bank besar kita juga sebetulnya juga yang paling besar, seperti BRI itu masih dikategorikan kecil apabila dibandingkan bank-bank luar, bahkan seperti bank di Singapura," katanya.


Perbankan syariah

Selanjutnya agenda prioritas keempat ialah mengatasi banyaknya jumlah dan kelompok bank dengan persyaratan permodalan sangat bervariasi.

Restrukturisasi perbankan melalui akuisisi, merger, dan konsolidasi yang lebih targetted dengan time frame yang ada akan dilakukan Dian nantinya untuk mengatasi agenda prioritas tersebut.

Lalu, kelima, Dian juga akan memprioritaskan penyempurnaan standar regulasi dan pengawasan terhadap kelompok-kelompok bank.

Hal itu akan dilaksanakan melalui regulasi dan pengawasan minimum across the board, pengembangan smart regulation, dan smart supervision.

Terakhir, keenam, Dian memprioritaskan pengembangan SDM, berbasis pendidikan, pelatihan, penguatan kepemimpinan, dan penguatan integritas.

"Dan untuk beberapa sektor industrii perbankan kita, seperti syariah akan menjadi prioritas saya," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2022/04/08/063000426/dian-adiana-rae-jadi-kepala-pengawas-perbankan-ojk-janji-prioritaskan-agenda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke