Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Mudik ke Palembang Via Darat? Waspadai Sejumlah Titik Rawan Macet Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya melakukan upaya-upaya dalam persiapan mudik Lebaran.

"Dua minggu yang lalu kami sudah mengumpulkan semua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) setelah Bapak Presiden mengumumkan untuk memperbolehkan mudik. Semua Balai Jalan Kementerian PUPR juga sudah kami instruksikan untuk menyiapkan semua kesiapan di jalan nasional termasuk marka-marka jalan," kata dia dalam siaran pers Sabtu (9/4/2022).

Provinsi Banten dan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Banten, tengah mempersiapkan jalan nasional pada pelaksanaan Mudik Lebaran 2022.

Persiapan ini terdiri dari jalan arteri primer sepanjang 112,36 km dengan kondisi mantap 92,49 persen dan jalan kolektor primer sepanjang 452,52 km dengan kondisi mantap 92,96 persen.

Basuki menyebutkan, terdapat beberapa titik rawan kemacetan di jalan nasional Provinsi Banten yang perlu diantisipasi.

Adapun titik rawan itu di antaranya seperti di pasar, exit/entry Tol Bitung, exit/entry Tol Balaraja Barat, Pertigaan Asem, Pertigaan Cilegon, Modern Cikande, Terminal Pakupatan, Simpang Kebon Jahe, Alun-alun Kramat Watu, Pelabuhan Merak, Pertigaan Labuan, Lampu Merah Malang Nengah, Simpang Malimping, dan Terminal Bayah.

Sementara, untuk Jalan Tol Jakarta-Merak secara prinsip dalam kondisi baik. Hanya ada satu titik yaitu Jembatan Ciujung km 57 ruas Tangerang-Merak sedang ada pelebaran.

Progres pelebaran ini sudah mencapai 94 persen dan ditargetkan selesai pada 10 April 2022 mendatang.

Kemudian, untuk jalur mudik Lampung-Palembang, Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi yaitu, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,41 km.

Kemudian ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,40 km, dan Kayu Agung – Palembang – Betung (Kayu Agung – SS Kramasan) sepanjang 37,62 km.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, di sepanjang tol dari Lampung hingga Palembang memang masih ada beberapa ruas dalam perbaikan.

"Kami mengupayakan semaksimal mungkin ruas-ruas tersebut mudah-mudahan akan diselesaikan pada 15 April 2020,” ujar dia saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi V DPR RI, Kamis (7/4/2022).

Triono menambahkan, ruas tol tersebut dilengkapi 21 buah rest area, terdiri dari tipe A sebanyak 17 dan 4 tipe B dengan berbagai fasilitas.

Fasilitas yang disediakan di antaranya adalah area komersial untuk UMKM, toilet bersih, area parkir, SPBU, fasilitas ibadah, dan penataan taman.

Kementerian PUPR juga melakukan antisipasi terjadinya peningkatan lalu lintas di jalan tol pada Idul Fitri 2022 di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan dan Kota Baru.

Antisipasi tersebut berupa mengurai antrian pada GT Bakau Selatan dialihkan arus menuju GT Bakau Utara.

Di samping jalan tol, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Lampung juga memastikan kondisi jalan nasional dalam keadaan baik.

Jalan Nasional Provinsi Lampung memiliki total panjang mencapai 1,292.25 km terdiri dari lintas timur 285.96 km, lintas tengah 323.14 km, lintas barat 312.89 km, dan lintas penghubung 341.58 km.

Kepala BPJN Provinsi Lampung Rien Marlia mengatakan, ada beberapa titik rawan kemacetan seperti di pasar, persimpangan, lampu merah Kota Agung, exit tol Gerbang Natar. Antisipasi yang dilakukan dengan berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

Ketua Tim Kunker Spesifik Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR beserta jajarannya yang telah berupaya memberikan layanan jalan dengan baik, baik itu jalan tol maupun non tol.

Ia berharap, dapat disiapkan antisipasi lonjakan pengemudi baik di jalan maupun rest area.

https://money.kompas.com/read/2022/04/09/151900426/mau-mudik-ke-palembang-via-darat-waspadai-sejumlah-titik-rawan-macet-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke