Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Beli Sukuk Wakaf Ritel SWR003

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman mengatakan, kupon yang ditawarkan SWR003 adalah 5,05 persen fixed, disalurkan untuk program maupun kegiatan sosial oleh nazhir yang ditunjuk.

Tanggal pembayaran kupon SWR003 adalah tanggal 10 setiap bulan, dengan tanggal pembayaran kupon pertama dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2022 (short coupon). Bila tanggal tersebut bukan hari kerja, maka kupon akan dibayarkan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi.

"Dengan berinvestasi di sukuk wakaf ritel seri SWR003, uang yang Anda gunakan untuk berinvestasi tak hanya berguna untuk diri Anda sendiri, tapi juga berguna untuk kemaslahatan umat," kata Luky dalam peluncuran SWR003 secara virtual di Jakarta, Senin (11/4/2022).

Luky menuturkan, sukuk ritel ini ditawarkan dengan jenis akad wakalah tanpa warkat serta tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder (non-tradable).

Tenor SWR003 adalah 2 tahun, dengan wakaf temporer 100 persen kembali kepada pewakaf (wakif) pada saat jatuh tempo SBSN di tanggal 10 Juli 2024.

"Sukuk wakaf ritel dikelola berdasarkan prinsip keuangan syariah yang tidak mengandung unsur riba, gharar, dan maysir, serta telah mendapat pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI," tutur Luky.

Cara beli Sukuk Wakaf Ritel Seri SWR003

Bagi yang minat berinvestasi, SWR003 bisa dibeli dengan harga minimal Rp 1 juta dan tidak ada batas maksimum pemesanan.

Cara membelinya bisa dilakukan melalui offline maupun online untuk investor ritel atau individu, dan secara offline saja untuk investor institusi. Calon investor hanya tinggal menghubungi mitra distribusi yang ditunjuk pemerintah.

Mitra distribusi untuk penawaran SWR003 ialah PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Bank Muamalat Indonesia, PT Bank Mega Syariah, PT Bank Syariah Bukopin, PT Bank CIMB Niaga (UUS), dan PT Bank Permata (UUS).

Berikut cara beli Sukuk Wakaf Ritel Seri SWR003:

1. Registrasi

Registrasi dapat dilakukan di 6 mitra distribusi dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor Single Investor Identification, nomor rekening efek, serta melakukan registrasi e-SBN di internet banking atau mobile banking mitra distribusi.

Calon wakif mendapatkan notifikasi terdaftar pada e-SBN dari mitra distribusi. Layanan pembelian internet banking tersedia di BSI, Muamalat, dan Permata Syariah. Sementara penawaran SWR003 di mobile banking ada di CIMB Niaga.

2. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, calon investor melakukan pemesanan SWR003 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam memorandum Informasi dan menyetujui akta ikrar wakaf.

Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran, yakni hingga tanggal 7 Juli 2022 pukul 10.00 WIB.

3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), kamu akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email atau SMS sesuai kebijakan masing-masing mitra.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, kamu akan memperoleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi completed order. Serta akan memperoleh alokasi SWR003 pada tanggal setelmen atau penerbitan.

Setelah tanggal setelmen, Anda akan menerima sertifikat wakaf uang melalui email.

https://money.kompas.com/read/2022/04/11/114759826/cara-beli-sukuk-wakaf-ritel-swr003

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke