Salin Artikel

Mengenal Ferrero, Perusahaan Raksasa Dunia di Balik Cokelat Kinder Joy

Camilan anak-anak berkonsep telur cokelat tersebut untuk sementara dilarang beredar di Indonesia sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella.

Tak ayal, sejumlah pertanyaan mencuat di kalangan publik, termasuk mengenai alamat pabrik Kinder Joy hingga ada tidaknya pabrik Kinder Joy di Indonesia.

Kinder Joy buatan mana? Kinder Joy produk mana? Siapa pemilik Kinder Joy? Kinder Joy masuk ke Indonesia tahun berapa?

Itulah beberapa pertanyaan yang mulai bermunculan. Karena itu, artikel ini akan mencoba memberikan jawaban atas sederet pertanyaan tersebut.

Alamat pabrik Kinder Joy

Berdasarkan keterangan resmi BPOM, produk merek Kinder yang terdaftar di BPOM berasal dari India dengan nama varian produk, antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls.

Produk tersebut diproduksi oleh Ferrero India PVT LTD. Artinya, tidak ada pabrik Kinder Joy di Indonesia karena produk tersebut merupakan barang impor.

Tidak jelas Kinder Joy masuk ke Indonesia tahun berapa, tetapi BPOM mencatat sejumlah nama perusahaan distributor Kinder Joy Indonesia.

Produk-produk Kinder di Indonesia tercatat didatangkan dari luar negeri oleh perusahaan importir bernama PT Ferrero Confectionery Indonesia yang beralamat di Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, dan PT Sukanda Djaya dengan alamat Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Selain beberapa merek yang telah disebutkan, dikutip dari laman https://cekbpom.pom.go.id, ada lagi produk bernama Kinder Bueno yang diproduksi oleh Ferrero Industriale Italia SRL dari Italia.

Baik Ferrero India PVT LTD maupun Ferrero Industriale Italia SRL merupakan bagian dari perusahaan raksasa dunia bernama Ferrero Group.

Profil perusahaan pemilik Kinder Joy

Dikutip dari laman resmi https://www.ferrero.com, Ferrero Group memiliki sejarah panjang yang telah bertahan selama tiga generasi sebagai bisnis keluarga dari etnis Piemonte Italia.

Tahun 1940-an menjadi tahun-tahun ketika Piera dan Pietro, orang tua Michele, mengubah toko kue menjadi pabrik. Dari sinilah kisah Ferrero Group bermula.

Bisnis keluarga Ferrero adalah pabrikan Italia pertama setelah Perang Dunia II yang membuka lokasi produksi dan kantor di luar negeri di sektor jajanan.

Langkah tersebut membuat pabrik yang berawal dari toko kue menjadi grup perusahaan berskala internasional.

Langkah pertama dan menentukan ke depan ini berkat produk yang "diciptakan" oleh Pietro Ferrero dan putranya Michele, yang saat itu masih sangat muda.

Kunci sukses lainnya adalah jaringan penjualan yang efektif yang diselenggarakan oleh Giovanni, saudara laki-laki Pietro, yang meninggal pada tahun 1949.

Lebih lanjut, pada tahun 1956, sebuah pabrik besar di Jerman diresmikan dan tidak lama kemudian sebuah pabrik di Perancis.

Itu adalah awal dari ekspansi cepat Ferrero di Eropa, dengan pendirian kantor komersial dan pusat produksi di Belgia, Belanda, Austria, Swiss, Swedia, Inggris, Irlandia, dan Spanyol.

Dalam dekade berikutnya Ferrero menjadi perusahaan global dengan pabrik di Amerika Utara dan Selatan, Asia Tenggara, Eropa Timur, Afrika, Australia, serta belakangan di Turki, Meksiko, dan China.

Sejak tahun 2015, Ferrero membuka awal era baru bagi perusahaan melalui sejumlah akuisisi dan terus melanjutkan ekspansi sampai sekarang.

Saat ini, selain memiliki produk bermerk Kinder, Ferrero juga tercatat sebagai memilik brand terkenal, seperti Nutella, Ferrero Rocher, Raffaello, hingga permen Tictac.

Itulah informasi seputar pemilik Kinder Joy Ferrero Group untuk menjawab pertanyaan terkait Kinder Joy produk mana. 

https://money.kompas.com/read/2022/04/12/062851326/mengenal-ferrero-perusahaan-raksasa-dunia-di-balik-cokelat-kinder-joy

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.