Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Mandiri Siapkan Rp 28 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai Lebaran

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, perseroan menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp 28,28 triliun selama 33 hari ke depan, yaitu pada 7 April-9 Mei 2022.

Alokasi tersebut meningkat sekitar 25,6 persen dari periode yang sama pada tahun lalu, guna merespons keputusan pemerintah yang telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan aktivitas rutin pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri, termasuk perjalanan mudik.

“Kami memperkirakan puncak net kebutuhan uang tunai akan terjadi pada dua pekan menjelang Lebaran yang bertepatan dengan periode pembayaran gaji, THR dan penyediaan kas untuk pengisian ATM selama akhir pekan dan libur lebaran,” kata Rudi dalam keterangannya, Selasa (12/4/2022).

Lebih lanjut ia bilang, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai sekitar Rp 1,65 triliun per hari pada periode tersebut, naik 12,7 persen dari rerata kebutuhan harian pada tahun lalu.

Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, bank dengan aset terbesar itu akan mengoptimalisasi pengisian 13.035 mesin ATM Bank Mandiri mulai pekan depan hingga saat libur Lebaran.

“Persiapan khusus tentu kami lakukan untuk mesin-mesin ATM yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” kata Rudi.

Selama periode libur bersama Lebaran nanti, Bank Mandiri juga akan mengoperasikan sejumlah cabang secara bergilir di seluruh Indonesia untuk melayani setoran delivery order BBM/Non BBM oleh SPBU.

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah, termasuk pada hari besar keagamaan,” ucap Rudi.

https://money.kompas.com/read/2022/04/12/140924526/bank-mandiri-siapkan-rp-28-triliun-untuk-kebutuhan-uang-tunai-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke