Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IPO GOTO Catatkan Rekor Nilai Transaksi Rp 5,8 Triliun di Indo Premier

Pasalnya, hanya melalui IPOT saja, tercatat 107.385 investor yang mendapatkan saham IPO GOTO di pasar primer.

Direktur Utama PT Indo Premier Sekuritas Moleonoto mengatakan, pencapaian tersebut merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai satu sekuritas di Indonesia sepanjang sejarah pasar modal Indonesia.

Sebelumnya, seluruh partipasi investor terhadap IPO tidak pernah menyentuh angka 100.000.

"IPOT sendiri sebagai satu-satunya penjamin emisi efek GOTO mencatatkan rekor delivery saham GOTO kepada lebih dari 100 ribu investor,” kata dia dalam siaran pers Selasa (12/4/2022).

Ia menambahkan, IPO GOTO ini menciptakan banyak rekor baru.

Selain Indo Premier, perusahaan efek yang berperan di dalam underwriting, juga mencetak rekor jumlah investor tertinggi yang mendapatkan saham IPO di pasar primer.

Secara nominal, Indo Premier juga mencatatkan rekor nilai penjaminan emisi efek yang pernah ditangani oleh perusahaan lokal Indonesia, yakni senilai lebih dari Rp 5,83 triliun.

Rekor Indo Premier ini terdukung kehandalan platform IPOT yang mampu mengandeng seluruh investor Indonesia, mulai dari pembukaan rekening dengan mudah dan cepat, sampai dengan cara melakukan pemesanan dan transaksi yang mudah dan fleksibel.

“Ini sepenuhnya lokal investor. Investor asing yang ingin mendapatkan eksposure pertumbuhan ekonomi Indonesia baru bisa melakukan pembelian GOTO melalui pasar sekunder setelah listing di Bursa Efek Indonesia. IPO GOTO ini layak disebut pesta nusantara, pesta Indonesia. Dari lokal, oleh lokal, untuk lokal,” tandas Moleonoto.


Seperti diberitakan, GOTO meraup Rp 15,8 triliun. Dana tersebut terdiri dari Rp 13,7 triliun yang ditawarkan melalui IPO dan Rp 2,1 triliun yang dilepas melalui skema greenshoe.

Adapun, nilai kapitalisasi GOTO diperkirakan mencapai Rp400 triliun, yang kemungkinan besar menempatkan GOTO sebagai emiten dengan kapitalisasi terbesar keempat di Bursa Efek Indonesia.

Saham GOTO juga mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) pada masa penawaran sebesar 15,7 kali.

https://money.kompas.com/read/2022/04/12/150000526/ipo-goto-catatkan-rekor-nilai-transaksi-rp-5-8-triliun-di-indo-premier

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke