Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fintech Lending Julo Dapat Pendanaan Seri B, Nilainya 80 Juta Dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi (fintech) PT Julo Teknologi Finansial meraih pendanaan seri B sejumlah 80 juta dollar AS dari Credit Saison. Pendanaan itu merupakan kombinasi ekuitas sebesar 30 juta dollar AS dan fasilitas kredit senilai 50 juta dollar AS.

CEO & Co-Founder Julo, Adrianus Hitijahubessy mengatakan, pendanaan ini akan digunakan untuk memfasilitasi akses kredit bagi masyarakat Indonesia yang belum terjangkau oleh layanan finansial konvensional yang ada.

“Sampai saat ini, Julo Kredit Digital memiliki komitmen untuk memberdayakan masyarakat Indonesia, di mana 72 persen pengajuan kredit digunakan untuk keperluan meningkatkan kualitas hidup seperti modal bisnis, renovasi rumah dan pendidikan," kata Adrianus dalam siaran pers, Kamis (14/4/2022).

Asal tahu saja, akses kredit konvensional untuk 47 juta segmen underbanked di Indonesia terkendala pada lembaga keuangan mikro yang membutuhkan pengajuan berulang untuk setiap transaksi dan penggunaan terbatas pada pinjaman tunai.

Keterbatasan akses keuangan masyarakat dilatarbelakangi oleh minimnya riwayat kredit untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan tidak adanya basis data terkait, kalangan masyarakat tersebut dikategorikan sebagai peminjam berisiko tinggi (high-risk loan) dan sulit untuk mendapatkan akses kredit yang memadai.

Sementara itu, Proses underwriting kredit dan manajemen risiko berbasis big-data Julo meninjau kelayakan kredit nasabah secara digital melalui aplikasi smartphone.

Pada tahun 2021, Julo meluncurkan fitur kredit digital, di mana 97 persen pengguna telah memanfaatkan fitur non-cash meliputi isi ulang dompet digital, pulsa, bayar e-commerce sampai tagihan listrik.

"Bekerja sama dengan Credit Saison, kami memiliki kesempatan untuk mengembangkan komitmen lebih jauh dengan revolusi lebih lanjut dalam bidang industri fintech lending Indonesia dan lebih menjangkau kalangan masyarakat yang kurang terlayani oleh layanan finansial di setiap provinsi," beber dia.

Sebagai informasi, sebelumnya platform ini juga telah menerima pendanaan dari Skystar Capital, Saratoga Investama, East Ventures, Quona Capital, Central Capital Ventura, MDI Ventures, Gobi Partners, dan lainnya.

Pendanaan penuh Credit Saison dilangsungkan untuk mendukung pertumbuhan Julo. Ekuitas sebesar 30 juta dollar AS akan dimanfaatkan Julo untuk mengembangkan sistem analisa data, pengembangan produk, marketing, serta rencana akuisisi nasabah dengan menambah Sumber Daya Manusia (SDM) di tim developer, data scientist dan business intelligence.

Sedangkan, fasilitas kredit 50 juta dollar AS akan dialokasikan untuk memfasilitasi dana pinjaman pada platform Julo.

Senior Managing Executive Officer and Head of Global Business Credit Saison Co., Ltd, Kosuke Mori, menambahkan, pendanaan oleh Credit Saison merupakan bagian dari upaya berkesinambungan perusahaan untuk memperkuat layanan teknologi finansial yang mengalami pertumbuhan secara signifikan di luar Jepang.

"Kami sangat menantikan kerja sama dengan Julo untuk dapat mengakselerasi akses produk keuangan lebih jauh dan dapat membawa perubahan signifikan untuk perkembangan ekonomi di Asia Tenggara,” ucap Kosuke Mori.

Dengan dukungan dalam bentuk penyediaan modal dan operasional strategis, investasi kali ini menandai langkah ekspansi Credit Saison ke pasar fintech Indonesia.

Selaku pihak investor, Credit Saison akan berperan secara aktif dengan melakukan observasi bersama untuk setiap potensi pengembangan bisnis ke depannya.

Strategi investasi berikut dikembangkan oleh Credit Saison melalui Saison Capital, perusahaan modal ventura yang berfokus pada startup dengan peluang untuk mengembangkan kapabilitas finansial.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, inovasi kredit perlu disertai dengan pemahaman perilaku dan kebutuhan konsumen secara mendalam. Sebagai hasilnya, Julo tetap bertumbuh di tengah situasi pandemi Covid-19 dengan pencairan kredit lebih dari 300 juta dollar AS sampai saat ini," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/04/14/121500726/fintech-lending-julo-dapat-pendanaan-seri-b-nilainya-80-juta-dollar-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke