Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Jadwal Pencairan THR PNS dan Pensiunan | BEI Pantau Saham WIRG Milik Yenny Wahid

Pemerintah memastikan akan memberikan tunjangan hari raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI, Polri, dan pensiunan. Lantas kapan THR tersebut cair?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, THR PNS hingga pensiunan akan dicairkan mulai H-10 Lebaran. Itu artinya, jika Lebaran jatuh pada 2 Mei 2022, maka jadwal pencaitan THR mulai Jumat, 22 April 2022.

Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kementerian dan lembaga bisa mengajukan surat perintah membayar THR ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) mulai 18 April 2022.

"Pencairan THR direncanakan dimulai pada periode H-10 dari hari Idul Fitri. Dalam hal ini K/L akan mengajukan surat perintah membayar ke KPPN dimulai Senin nanti yaitu 18 April 2022 dan dapat dicairkan oleh KPPN sesuai mekanisme yang berlaku," ujarnya saat Press Statement: THR dan gaji ke-13, Sabtu (16/4/2022).

Simak selengkapnya di sini

2. Tiba-tiba Terima Pesan WhatsApp Pinjol Cair Puluhan Juta, Bagaimana Menyikapinya?

Maraknya kasus penipuan pinjaman online (pinjol) ilegal membuat banyak masyarakat resah. Terbaru, sebuah unggahan ramai di media sosial TikTok menceritakan seorang warganet mendapat pesan WhatsApp pinjaman online cair puluhan juta Rupiah.

Dalam pesan yang diterima dikatakan, pinjaman online telah disetujui dan meminta penerima pesan melakukan klik sebuah tautan. Padahal dirinya tak pernah mengajukan pinjaman di pinjol.

“Be careful gaes” tulis pengunggah akun TikTok @budakmedsos.

“Kalau ada WA kyk gini abaikan jgn buka linknya & langsung blokir nomornya. Kaget tiba2 dpt WA kyk gini krna ga prnh ngajuin pinjol. Lgsg panic dag dig dug serrr rasanya. Sempet gw balesin klo gw ga pernah ngajuin pinjol. Terus gw searching itu trik pinjol ilegal ngirim2 pake WA/SMS,” tulis si pengunggah dalam videonya.

Lalu bagaimana cara menyikapiya? Baca di sini

3. BEI Pantau Saham WIRG Milik Yenny Wahid, Ini Penyebabnya

PT WIR Asia (WIRG) telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 4 April 2022. Namun sejak awal listing, perusahaan yang salah satu pemiliknya adalah Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman atau Yenny Wahid itu, mengalami auto reject atas (ARA) terus menerus. Akibatnya, saham WIRG masuk pantauan BEI sejak awal pekan lalu.

Dalam laman BEI disebutkan, harga saham WIRG telah terjadi peningkatan di luar kebiasaan (Unusual Market Activity) atau UMA. Setelah menetapkan WIRG dalam UMA, bursa terus mencermati perkembangan pola transaksi saham ini.

“Saham WIRG merupakan saham yg baru IPO. Seperti biasa saham saham IPO mengalami peningkatan harga di awal IPO-nya karena kelebihan permintaan. Bursa memantau pergerakan saham WIRG sejak saham tersebut tercatat atau diperdagangkan di bursa,” kata Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kristian S Manullang kepada wartawan, Jumat (15/4/2022).

Pengumuman UMA diatur dalam peraturan perdagangan bursa II. A pasal II. 12 di mana hal hal yang menjadi pertimbangan dalam pengawasan efek itu sendiri disebutkan dalam pasal II. 11.

Selengkapnya simak di sini

4. Apakah Saham GoTo Bakal seperti Bukalapak? Ini Penjelasan Analis

PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) baru saja melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (11/4/2022).

Di awal perdagangan, saham GOTO mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 13,02 persen, setelah ditawarkan dengan harga Rp 338 per saham. Namun setelah itu, pergerakan harga saham GOTO tidak terlalu melejit.

Hari kedua setelah IPO, harga saham GOTO turun 3,14 persen, dan diikuti dengan kenaikan–kenaikan tipis di hari selanjutnya. Pada akhir pekan, harga saham GOTO berada di level Rp 376 per sahama taau naik 0,5 persen.

Sejak berencana IPO, GOTO tidak lepas dari bayang–bayang kompetitornya, Bukalapak (BUKA). Selain sama–sama membukukan kerugian saat IPO, harga saham BUKA setelah beberapa hari IPO (2021) juga kandas, dari awalnya di level Rp 850 per saham, kini harga saham BUKA Rp 346 per saham atau turun lebih dari 50 persen.

Lantas apakah mungkin saham GOTO bisa bernasib seperti BUKA? Simak penjelasan analis di sini

5. Rusia Siap Jual Minyak Mentahnya dengan Harga "Spesial" kepada Negara Sahabat

Rusia mengaku siap untuk mengobral minyak mentah produksinya ke negara-negara sahabat. Ini merupakan respons dari sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat.

Menteri Energi Rusia Nikolai Shulginov mengatakan, Rusia siap menjual minyak dan produk minyak ke negara-negara sahabat dalam kisaran harga berapa pun.

Adapun saat ini, Shulginov bilang, harga minyak mentah diperdagangkan di kisaran 80 dollar AS hingga 150 dollar AS per barrel. Namun, Rusia akan menjual minyaknya dengan harga berapa pun untuk memastikan keberlangsungan industri minyak.

“Bukan tugas kami untuk menebak-nebak harga (minyak mentah). Tugas kami adalah memastikan kelangsungan operasi industri minyak,” kata dia dikutip dari OilPrice, Minggu (17/4/2022).

Selengkapnya baca di sini

https://money.kompas.com/read/2022/04/18/054000326/-populer-money-jadwal-pencairan-thr-pns-dan-pensiunan-bei-pantau-saham-wirg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke