Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Kepadatan "Rest Area" Jalan Tol: Truk "Disingkirkan", Toilet Ditambah, Ada Layanan BBM Keliing

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono mengatakan, berdasarkan tes jalur kemarin kepadatan rest area pada hari biasa disebabkan oleh penumpukan truk di sekitar rest area.

Namun saat ini kendaraan truk di sekitar rest area sudah dikosongkan dengan berkoordinasi bersama PT Jasa Marga (Persero), PT Pertamina (Persero), dan asosiasi rest area.

"Jadi kami memastikan seluruh kantong di sekitar rest area dikosongkan," ujar Rivan saat konferensi pers di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta, Rabu (20/4/20222).

Pengisian BBM keliling

Selain bertugas mengosongkan truk di sekitar rest area, Pertamina juga menyediakan pengsian bahan bakar minyak (BBM) keliling dengan sepeda motor.

Hal ini agar dapat mengurangi antrean pengisian BBM di rest area sehingga diharapkan kepadatan rest area dapat berkurang.

"Tentu ini adalah keberadaan yang baik karena kita ketahui bahwa kemacetan yang dilakukan tidak hanya kumpulan masyarakat tapi saat melakukan antrean isi bahan bakar," ucapnya.

Toilet ditambah

Kemudian, dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) juga menambahkan 50 toilet di setiap rest area di mana jumlah rest area yang disiapkan lebih dari 2.000 titik.

"Karena rest room ini sangat penting bagi masyarakat karena jangan sampai bensin sudah tidak antre tapi mau ke toilet antre. Ini suatu kesiapan yang sangat baik yang disiapkan," tuturnya.

Seperti diketahui, persiapan rest area di jalan tol menjadi hal yang perlu dicermati karena sebanyak 40 juta pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi saat mudik Lebaran 2022.

Pemudik yang ingin cepat sampai ke kota tujuan biasanya memanfaatkan jalan tol untuk perjalanan mudiknya.

Untuk itu, rest area sebagai tempat pemberhentian sementara bagi pemudik perlu disiapkan dengan baik agar pemudik dapat beristirahat dengan nyaman di sela perjalanannya.

https://money.kompas.com/read/2022/04/20/151509826/antisipasi-kepadatan-rest-area-jalan-tol-truk-disingkirkan-toilet-ditambah-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke