Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peringatan Hari Kartini dan Ironinya Perempuan Harus Terpukul akibat Naiknya Harga Bapok

Sekretaris Kementerian PAN-RB Rini Widyantini mengatakan, selama dua tahun diterpa pandemi, para perempuan kerap menjadi yang paling terpukul.

Terlebih dengan adanya kenaikan harga bahan-bahan pokok, beban perempuan sebagai pemelihara utama rumah tangga, makin meningkat.

Oleh karena itu, Rini mengingatkan bahwa apa pun profesi dan karier yang menjadi pilihan perempuan seharusnya mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitarnya, terutama keluarga. Perempuan yang berkarier maupun ibu rumah tangga berhak atas persamaan kedudukan dan kesetaraan.

"Serta berhak atas kesempatan untuk terus mengembangkan potensi dirinya. Memberi kebebasan tersebut adalah wujud pengamalan nilai-nilai luhur yang diturunkan oleh Kartini," ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat (22/4/2022).

Terdapat 24 stan yang turut bergabung dalam kegiatan bazar. Bazar tersebut menyediakan berbagai jenis kebutuhan, seperti makanan beku, aneka jajanan, kebutuhan pokok, dan juga pojok busana. Tak hanya diisi oleh UMKM, stan tersebut juga diisi oleh pegawai yang memulai usaha rumahan.

Rini melihat kesempatan ini dapat digunakan untuk pegawai yang memiliki usaha memasarkan produk yang mereka buat. "Sehingga pegawai lainnya dapat mengunjungi usaha para pegawai tersebut untuk saling disemangati dan didukung," tuturnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Hukum (SDMOH) Kementerian PAN-RB Sri Rejeki Nawangsasih juga menyampaikan apresiasinya kepada para pengisi stan yang turut meramaikan kegiatan ini.

Adapun selain UMKM dan pegawai, kegiatan ini turut didukung oleh Perum Bulog, Koperasi Mina Utama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, dan Dharma Wanita Persatuan Kementerian PAN-RB.

Baginya, bazar ini menjadi kesempatan untuk makin menyemarakkan Ramadhan "Semoga dengan bazar ini kita dapat berbagi keberkahan dan mempermudah pegawai mendapatkan sembako sehingga daya beli masyarakat kembali meningkat," pungkas Sri Rejeki.

https://money.kompas.com/read/2022/04/22/092000426/peringatan-hari-kartini-dan-ironinya-perempuan-harus-terpukul-akibat-naiknya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke