Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akuisisi HMSP sejak 2005, Philip Morris Sudah Gelontorkan Rp 87,5 Triliun

Nilainya setara dengan Rp 87,5 triliun (kurs Rp 14.350/dollar AS). Dana itu digelontorkan untuk pertumbuhan bisnis perusahaan, termasuk untuk mendukung masyarakat, mitra usaha, serta karyawan.

President South & Southeast Asia Region Philip Morris International Stacey Kennedy mengatakan, tingginya nilai investasi adalah bentuk kepercayaan perusahaan atas iklim investasi di Indonesia.

Stacey mengatakan, investasi ini dalam fokus pada berbagai hal, termasuk bisnis dan dukungan kepada komunitas sekitar.

“(Investasi) ini terkait dengan pembukaan lapangan pekerjaan dan kemampuan untuk mendukung komunitas, di mana kami memiliki karyawan. Kami fokus pada keselamatan dan kesejahteraan karyawan kami,” kata Stacey saat ditemui di gedung PT HM Sampoerna Tbk, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Stacey menuturkan, investasi itu telah mampu meningkatkan jumlah mitra produksi sigaret perseroan. Tercatat hingga kini, mitra produksi bertambah 11, dari 27 mitra menjadi 38 mitra yang tersebar di Pulau Jawa.

Bertambahnya mitra produksi menandakan adanya fasilitas manufaktur baru di Indonesia, beserta peningkatan lapangan kerja di fasilitas manufaktur tersebut.

Selain dari sisi mitra produksi, investasi juga berimbas positif pada penerimaan negara. Stacey menuturkan, kontribusi Sampoerna atas pajak sudah bertumbuh hingga tujuh kali lipat sejak diakuisisi pada tahun 2005. Pada 2020, total pembayaran pajak Sampoerna dan Philip Morris Indonesia kepada pemerintah mencapai Rp 67,7 triliun.

Begitu pula dari sisi ekspor. Ekspor produk rokok dari Indonesia sudah tumbuh lebih dari 10 kali lipat sejak akuisisi. Peningkatan ekspor ini sedikit banyak dipengaruhi lantaran Indonesia menjadi hub ekspor produk-produk perseroan.

"Indonesia menjadi hub ekspor yang semakin penting bagi kami di seluruh manufaktur kami di dunia. Hingga akhir 2021, ekspor yang kami lakukan (dari Indonesia) telah tumbuh lebih dari 10 kali lipat, meningkatkan reputasi Indonesia sebagai pusat investasi dan hub ekspor untuk seluruh dunia," sebutnya.

Lebih lanjut, Stacey mengungkapkan, Sampoerna Retail Community (SRC) atau komunitas toko kelontong yang diberikan pembinaan dan pelatihan oleh Sampoerna sudah berkembang menjadi 160.000 toko sejak tahun 2008. Total omzet toko kelontong pun meningkat lebih dari 50 persen sejak mereka bergabung dengan program ini.

"Dan terdapat lebih dari 1,2 juta konsumen (toko kelontong) yang juga mendapat manfaat, sebagai bagian dari program SRC. Hal-hal tersebut hanya salah satu cara dan kami akan berbicara lebih lanjut tentang dukungan kami untuk UMKM," tandas Stacey.

https://money.kompas.com/read/2022/04/22/143800026/akuisisi-hmsp-sejak-2005-philip-morris-sudah-gelontorkan-rp-875-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke