Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sampai Telat, Ini 5 Waktu Pembayaran Zakat Fitrah

Informasi seputar waktu utama membayar zakat fitrah adalah hal yang harus diperhatikan agar pembayaran zakat tidak melewati batas waktu sesuai syariat.

Informasi tersebut, termasuk mengenai batas akhir pembayaran zakat fitrah adalah hal yang harus diperhatikan mengingat zakat fitrah adalah salah satu kewajiban umat muslim saat Ramadhan.

Pasalnya, hukum menunaikan zakat melewati batas akhir pembayaran zakat fitrah adalah haram. Kapan waktu haram membayar zakat fitrah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini akan menyampaikan ulasan mengenai 5 waktu pembayaran zakat fitrah.

Pembahasan tentang waktu yang paling utama dalam mengeluarkan zakat fitrah adalah salah satu topik menarik pada momentum Ramadhan seperti saat ini.

Terlebih, waktu yang paling tepat untuk membayar zakat fitrah adalah hal yang penting diketahui bagi umat muslim yang hendak menunaikan kewajibannya.

Dikutip dari laman resmi baznas.go.id, ada beberapa pendapat ulama mengenai waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah.

Salah satu argumen mengenai waktu yang paling tepat untuk membayar zakat fitrah adalah menurut Imam Abu Hanifah dan Imam Malik.

Dijelaskan bahwa zakat fitrah wajib dibayarkan saat terbit fajar Idul Fitri. Artinya, menurut pendapat ini waktu yang paling utama dalam mengeluarkan zakat fitrah adalah dibayarkan saat terbit fajar Idul Fitri.

Lebih lanjut, pendapat lain mengenai waktu utama membayar zakat fitrah adalah menurut Imam Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hambal.

Disebutkan, zakat fitrah wajib ditunaikan sejak tenggelamnya matahari di akhir Ramadan hingga sebelum sholat Idul Fitri.

Jika dibayarkan lebih cepat, Imam Syafi'i membolehkannya selama ada sebabnya (uzur). Imam Malik dan Imam Ahmad juga sependapat, namun hanya dua hari atau sehari sebelumnya.

Waktu wajib hingga haram pembayaran zakat fitrah

Baznas menambahkan, selain dari pandangan para ulama, ada hukum dalam membayarkan zakat fitrah.

Pertama, waktu yang paling tepat untuk membayar zakat fitrah adalah waktu wajib, yakni saat matahari terbenam di hari terakhir Ramadhan menuju Idul Fitri.

Kedua waktu sunnah, yakni salat Subuh dan sebelum salat Idul Fitri dilakukan. Ketiga, waktu mubah yakni pada awal Bulan Ramadhan sampai hari terakhir Ramadhan.

Keempat waktu makruh, yakni setelah salat Idul Fitri namun sebelum matahari terbenam pada hari Idul Fitri, dan terakhir adalah waktu haram, yakni setelah matahari terbenam pada Hari Idul Fitri.

Dengan demikian, batas akhir pembayaran zakat fitrah adalah setelah salat Idul Fitri namun sebelum matahari terbenam pada hari Idul Fitri.

Meski begitu, dari penjelasan waktu dan hukum membayarkan zakat fitrah tersebut, maka umat muslim dianjurkan untuk melakukan pembayaran sebelum salat Idul Fitri ditunaikan.

Lewat dari waktu itu maka pembayaran zakat fitrah hukumnya menjadi makruh dan haram. Inilah jawaban atas pertanyaan kapan waktu haram membayar zakat fitrah.

Lebih lanjut, berdasarkan uraian yang telah dijelaskan, berikut 5 waktu pembayaran zakat fitrah selengkapnya:

  • Waktu wajib, yakni saat matahari terbenam di hari terakhir Ramadhan menuju Idul Fitri
  • Waktu sunah, yakni salat subuh dan sebelum salat Idul Fitri dilakukan
  • Waktu mubah, yakni pada awal bulan Ramadhan sampai hari terakhir Ramadhan
  • Waktu makruh, yakni setelah salat Idul Fitri tetapi saat sebelum matahari terbenam pada hari Idul Fitri
  • Waktu haram, yakni setelah matahari terbenam pada Hari Raya Idul Fitri.

Dari 5 poin tersebut, praktis waktu yang paling utama dalam mengeluarkan zakat fitrah adalah waktu wajib yang dijelaskan pada poin pertama.

Artinya, waktu utama membayar zakat fitrah adalah saat matahari terbenam di hari terakhir Ramadhan menuju Idul Fitri.

https://money.kompas.com/read/2022/04/23/180012326/jangan-sampai-telat-ini-5-waktu-pembayaran-zakat-fitrah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke