Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Hadapan Investor Amerika Serikat, Bos OJK Pamer Stabilitas Sektor Jasa Keuangan RI

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam gelaran "The Indonesia B20 Roadshow: Indonesia-US Business Forum" yang dihadiri oleh pebisnis dan tokoh ekonomi Amerika Serikat (AS).

Untuk sektor perbankan, tren perbaikan terefleksikan dari laju intermediasi yang terus meningkat. Per Februari kredit perbankan sudah tumbuh 6,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) dengan risiko yang terkendali terlihat dari data rasio kredit macet (non performing loan/NPL) gross 3,1 persen.

"Industri perbankan Indonesia juga menunjukkan ketahanan yang konsisten dengan tingkat Capital Adequacy Ratio (CAR) saat ini sebesar 25,8 persen. Angka di atas 20 persen ini konsisten terus meski melewati masa pandemi, dan bahkan terus membaik," tutur Wimboh, dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

"Hal ini menunjukkan perbankan Indonesia sangat aman menghadapi potensi risiko di masa depan," tambahnya.

Sementara itu untuk pasar modal, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah menguat 9,94 persen sejak awal tahun 2022 (year to date/ytd) ke level 7.235,53 dan mencapai rekor tertinggi sepanjang masa.

Perolehan dana juga terus mencerminkan optimisme pasar dengan 18 Initial Public Offerings (IPO) sepanjang tahun 2022, dengan nilai Rp 19,21 triliun.

Kemudian untuk sektor IKNB, tercatat Risk Based Capital (RBC) pada asuransi jiwa dan asuransi umum dan reasuransi terjaga dengan baik masing-masing di 535,7 persen dan 323,1 persen.

Pertumbuhan pembiayaan dari perusahaan pembiayaan juga membaik, tumbuh sebesar 2,43 persen yoy, dengan rasio pembiayaan macet (Non Performing-Finance/NPF) perusahaan pembiayaan juga stabil di 3,25 persen.

Menurut Wimboh, data kinerja industri jasa keuangan yang stabil tersebut menjadi informasi yang menarik bagi para calon investor asing yang ingin berinvestasi di perusahaan-perusahaan jasa keuangan.

"Ataupun berinvestasi di sektor usaha lainnya di Indonesia," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/04/25/063500126/di-hadapan-investor-amerika-serikat-bos-ojk-pamer-stabilitas-sektor-jasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke