Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur BI Beberkan Peran RI dalam Pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral G20

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, dalam gelaran pertemuan tersebut, negara anggota G20 membahas sejumlah agenda penting berkaitan dengan penguatan koordinasi dalam mengatasi kondisi global yang saat ini dibayang-bayangi ketidakpastian.

"Alhamdulillah Indonesia dapat menyumbangkan kesepakatan-kesepakatan di dalam sidang ini," ujar dia, dalam video yang diunggah Bank Indonesia, dikutip Senin (25/4/2022).

Lebih lanjut Perry bilang, Indonesia berperan dalam melakukan koordinasi negara anggota G20, dengan tujuan mendukung tren pemulihan ekonomi global sekaligus menjaga stabilitas.

"Yaitu koordinasi dalam normalisasi kebijakan-kebijakan negara maju," katanya.

Melalui koordinasi tersebut, Perry menambah, terdapat tiga kesimpulan utama yang diambil oleh para negara anggota G20.

Pertama, negara-negara maju sepakat untuk melakukan normalisasi kebijakan dengan perhitungan, perencanaan, dan komunikasi yang baik.

"Sehingga dampak terhadap ekonomi global dan negara emerging market dapat diantisipasi secara baik, baik oleh negara maupun pelaku pasar," ujar Perry.

Kemudian, kesimpulan penting lainnya ialah penguatan kebijakan-kebijakan di negara maju, dengan dukungan dari Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) serta Bank for International Settlements.

Penguatan kebijakan dilakukan dengan tidak hanya berfokus pada suku bunga saja, tapi juga kebijakan yang berkaitan dengan pengaturan manajemen aliran modal asing.

Terakhir, penguatan dan peningkatan dukungan dari IMF, khususnya bagi negara-negara berkembang terbelakang (least developed countries) dan emerging market.

"Apa yang dilakukan? Yaitu membuat Resilience and Sustainable Trust Fund," kata Perry.

Adapun dana untuk dana tersebut digalang melalui dana hak penarikan khusus atau special drawing rights (SDR) IMF yang telah ditebar ke berbagai negara.

Perry bilang, berbagai negara yang mendapat SDR akan menyisihkan dana yang diterima, untuk kemudian ke dalam Resilience and Sustainable Trust Fund, yang pada akhirnya akan digunakan untuk membantu negara berkembang.

"Ini lah salah satu kontribusi Indonesia dalam kekuatan G20 di G20 tahun 2022 ini. Untuk bersama menggagas dan memajukan agar mendukung tema besar pemulihan ekonomi dunia, recover together recover stronger," ucap Perry.

https://money.kompas.com/read/2022/04/25/074400926/gubernur-bi-beberkan-peran-ri-dalam-pertemuan-menkeu-dan-gubernur-bank-sentral

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke