Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wanaartha Life Mulai Cicil Bayar Polis, Tergantung Kondisi Perusahaan

Adapun, proses pembayaran ini telah dilakukan sejak awal April 2022.

Direktur Operasional Wanaartha Life Ari Prihadi mengatakan, pembayaran telah dimulai pada April 2022 dengan fokus diberikan berdasarkan alasan kemanusiaan.

"Yaitu kepada nasabah yang sangat memerlukan karena adanya kematian, keperluan untuk berobat, entah pemegang polis atau spouse," kata dia kepada Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Ia menjelaskan, adapun proses pengajuan pembayaran ini dilakukan dengan pengajuan tertulis kepada komite. Kemudian, komite akan memberikan pertimbangan dan membuat usulan ke direksi.

Dari sana, direksi yang akan mempertimbangkan pengajuan pembayaran dengan melihat kondisi keuangan (cash flow) Wanaartha Life sebelum memutuskan.

Namun demikian, ia tidak memberikan jumlah pasti mengenai jumlah nasabah yang telah mengurus pembayaran ini.

"Karena diajukan oleh komite ke direksi, di mana dilakukan fitering dahulu, maka jumlah persisnya ada di komite," imbuh dia.

Ia mengungkapkan, pada dasarnya Wanaartha Life berupaya untuk membayarkan dan memenuhi kewajibannya selama kondisi keuangan memungkinkan.



Berdasarkan penuturannya, saat ini aset Wanaartha Life disita karena disinyalir memiliki keterlibatan dengan kasus Jiwasraya. Meskipun telah mengantongi kemenangan di pengadilan, tetapi dana tersebut tidak kunjung dicairkan. Ari bilang, hal ini menjadi kendala utama dalam penyelesaian masalah ini.

Selain itu, kendala internal lain juga muncul ke permukaan, misalnya adanya dugaan manipulasi data. Untuk menyelesaikan dua permasalah tersebut, ia telah mengupayakan pencairan dana aset yang telah disita. Selain itu, mengenai dugaan manipulasi data yang sedang terjadi, perusahaannya telah memberikan informasi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan kepolisian guna pengusutan.

"Kalau dua hal di atas bisa dirampungkan, Insya Allah, Wanaartha Life yang saat ini dalam PKU akan bisa berjalan kembali," tandas dia.

Sebagai informasi, untuk mendukung upaya penyehatan keuangan perusaan, saat ini Wanaartha Life sedang melakukan 4 upaya. Adapun, upaya tersebut adalah dengan mencari investor, mengupayakan pencairan dana yang disita, melacak pelaku manipulasi data, dan melakukan efisiensi internal dan reorganisasi.

https://money.kompas.com/read/2022/04/25/180000526/wanaartha-life-mulai-cicil-bayar-polis-tergantung-kondisi-perusahaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke