Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiga Langkah Jitu Kelola Keuangan Usai Ramadhan, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang paling ditunggu umat muslim seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Indonesia sendiri diketahui memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Namun tidak dapat dimungkiri, Ramadhan dan Hari Raya juga identik dengan momen "bakar duit", momen ketika masyarakat sibuk berbelanja tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi juga kebutuhan tersier lain hingga mudik ke kampung halaman terlebih dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR).

Berdasarkan survei Populix pada bulan Maret 2022, pengeluaran konsumen Indonesia melonjak hingga 50 persen saat Ramadhan. Sebanyak 43 persen responden memiliki pengeluaran berkisar 25 sampai 50 persen lebih besar saat Ramadhan daripada anggaran bulanan biasanya.

Sementara, sebanyak 27 persen lainnya memiliki 50 persen pengeluaran lebih besar dan sekitar 19 persen responden mengatakan tidak memiliki perbedaan pengeluaran.

Sementara, 11 persen responden mengatakan pengeluarannya saat Ramadhan justru berkurang 25 persen dari anggaran bulanan biasanya.

VP of Corporate Communications DANA Indonesia Putri Dianita mengatakan, DANA memahami kebutuhan masyarakat terhadap fitur yang dapat membantu mereka mengelola keuangan dengan aman, mudah, dan nyaman, khususnya di momen Ramadhan dan Hari Raya.

"Tidak hanya memiliki fitur Rapor DANA yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan dan meningkatkan kesehatan keuangan, kami bekerja sama dengan Emtrade juga memberikan trik jitu untuk para pengguna agar keuangan mereka tetap sehat pasca Ramadan.” ujar Putri dalam program Tanya DANA yang digelar pada Senin (25/4/2022).

3 tips aman kelola keuangan usai Ramadhan

Financial Planning Coach Emtrade Aulia Akbar mengatakan, ada beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menjaga keuangan agar tetap aman selama Ramadhan.

Berikut ini merupakan 3 tips menjaga keuangan agar tetap aman selama Ramadhan hingga usai Ramadhan.

1. Mengukur kembali profil keuangan

Sisihkan dana untuk berinvestasi. Sebelum menentukan jenis investasi yang akan dipilih, langkah penting pertama yang perlu dilakukan adalah melihat kembali profil keuangan.

Melalui Rapor DANA, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan untuk melihat status, pemahaman, dan kebiasaan pengelolaan keuangannya. Pengguna kemudian akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban.

Tidak hanya itu, pengguna pun akan terus mendapatkan edukasi keuangan secara gratis untuk membantu menentukan langkah finansial dengan lebih bijak.


2. Menyusun portofolio sesuai cita-cita

Pertimbangan lain yang juga perlu diperhatikan dalam merencanakan keuangan berikutnya adalah menentukan tujuan yang diinginkan.

Caranya dengan memproyeksikan tujuan investasi, risiko aset, dan kebutuhan yang ditargetkan.

3. Menyusun struktur persentase portofolio investasi ke beberapa kelas aset

Setelah mengetahui profil keuangan saat ini dan tujuan ke depan, kini waktunya menyusun struktur persentase portofolio yang diharapkan. Ada tiga faktor penentu diantaranya horizon investasi, toleransi risiko, dan usia investor. Sebab, kesuksesan dalam proses investasi 90 persen ditentukan dari alokasi asetnya.

“Ada dua hal yang mesti diperhatikan dalam menyusun portofolio investasi. Pertama adalah alokasi aset dan diversifikasi, alokasi aset adalah kegiatan menyusun persentase portofolio ke beberapa kelas aset yang berbeda, misalnya dari total dana investasi disebar ke saham, obligasi, emas, dan cash," kata dia.

"Sementara itu, ada juga diversifikasi, yaitu kegiatan penyebaran dana ke satu kelas aset investasi, misalkan dari aset saham dia sebar di sektor perbankan, manufaktur, teknologi, dan lainnya. Sementara, di obligasi dia punya obligasi pemerintah tenor panjang dan pendek,” imbuh Akbar.

https://money.kompas.com/read/2022/04/26/160000026/tiga-langkah-jitu-kelola-keuangan-usai-ramadhan-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke