Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengusaha Siap Pasok Pupuk Subsidi ke Petani Sawit, asal...

Hanya saja, APPI meminta petani sawit berkomunikasi dengan pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Pertanian (Kementan). Sebab kebijakan subsidi pupuk ada di tangan pemerintah.

"Kami siap saja, hanya untuk menjadikan pasokan ke Apkasindo disubsidi, izinnya harus dari Kementerian Keuangan dengan rekomendasi dari Kementerian Pertanian," ujar Sekretaris APPI Achmad Tossin kepada Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Mengenai pupuk non-subsidi, APPI mengaku harganya memang terlampau tinggi. Sebab hal tersebut mengacu kepada penetapan harga pupuk internasional.

"Kami tidak menetapkan harga pupuk khusus untuk sawit, hanya penetapan harga pupuk komersil non-subsidi saat ini berkisar 80 persen sampai 90 persen dari harga pupuk internasional," lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) mulai menyuarakan kesulitan lantaran mulai banyak pabrik pengolah kelapa sawit yang tutup akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Akibat banyaknya pabrik kelapa sawit tutup, para petani sawit yang panen pun tak dapat mengantongi keuntungan.

"Sejumlah pabrik kelapa sawit di 22 provinsi tutup dengan akibat sawit petani tidak bisa diolah. Truk-truk berisi sawit antre di pabrik-pabrik kelapa sawit yang tutup," ungkap Ketua Umum DPP Apkasindo Gulat Manurung dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, harga pupuk kelapa sawit melejit sehingga membuat petani sawit makin resah. Padahal kata dia, harga jual minyak mentah kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) sedang moncer.

Untuk mengatasi kesulitan para petani sawit, Apkasindo berharap pemerintah mau mengabulkan permintaan petani sawit untuk memberikan subsidi pupuk.

https://money.kompas.com/read/2022/04/26/201131026/pengusaha-siap-pasok-pupuk-subsidi-ke-petani-sawit-asal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke