Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] CPO Masih Boleh Diekspor | Perubahan Sikap Elon Musk Bikin Luhut Penasaran | Harga Saham Yenny Wahid Turun

1. CPO Ternyata Masih Boleh Diekspor, Lalu Apa yang Dilarang Jokowi?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan produk minyak goreng. Kebijakan larangan ekspor ini berlaku mulai Kamis 28 April 2022 hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Pemerintah memberikan penjelasan, bahwa yang dilarang ekspor bukan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO), melaikan produk minyak goreng dan Refind, Bleached, Deodorized plam olein atau yang dikenal dengan nama RBD palm olein.

Larangan produk RBB palm olein berlaku pada tiga jenis HS code yakni 1511.9036, 1511.9037 dan 1511.9039.

Yang perlu diketahui, RDB palm oil merupakan produk turunan dari CPO. Lebih jelasnya, RBD palm olein merupakan produk hasil rafinasi dan fraksinasi CPO yang digunakan sebagai minyak goreng.

Selengkapnya baca di sini

2. Saat Perubahan Sikap Elon Musk Bikin Luhut Penasaran...

CEO Tesla Inc Elon Musk menyambut langsung kehadiran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Giga Factory Tesla, Austin, Texas.

Luhut mengaku tak menyangka kedatangannya disambut dengan ramah. Adapun saat menyambut Luhut dkk, Bos Tesla tampak santai dengan mengenakan kaos berwarna hitam. Ini kali pertama Luhut bertemu dengan Elon Musk.

"Saya tidak menyangka akan disambut dengan ramah dan bersahabat oleh CEO Tesla, Inc. Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas," kata Luhut dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Selasa (26/4/2022).

"Pertemuan ini memang yang pertama kalinya bagi saya dan Elon, tetapi sebetulnya komunikasi kami sudah terjalin selama dua tahun belakangan. Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral," sambungnya,

selengkapnya baca di sini

3. Turun Lagi, Harga Emas Antam Menyusut Rp 1.000 Per Gram Hari Ini

Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk atau Antam turun Rp 1.000 per gram pada hari ini, Rabu (27/4/2022), melanjutkan pelemahan usai turun Rp 1.000 per gram pada Senin dan turun Rp 6.000 pada Selasa.

Mengutip Logam Mulia, kini harga emas Antam jelang Lebaran dibanderol Rp 981.000 per gram, menyusut dari hari sebelumnya yang sebesar Rp 982.000 per gram.

Penurunan juga terjadi pada harga buyback sebesar Rp 1.000 per gram menjadi Rp 885.000 per gram dari sebelumnya Rp 886.000 per gram. Buyback adalah harga yang di dapat jika pemegang emas Antam ingin menjual emas batangan tersebut.

Selengkapnya baca di sini

4. Tol Jakarta-Cikampek Bakal Padat, Pemerintah Imbau Pemudik Manfaatkan Jalur Pantura dan Pansela

Pemerintah memprediksi Tol Jakarta-Cikampek akan mengalami kepadatan di hari puncak mudik, yaitu di H-4 atau 28 April 2022.

Oleh karena itu, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diimbau untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal atau memanfaatkan jalur pantai utara Jawa (Pantura) dan jalur pantai selatan Jawa (Pansela).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, beberapa hari terakhir pergerakan kendaraan di Jabodetabek naik 5 persen. Sementara kendaraan yang mengarah ke timur seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sudah naik sekitar 11 persen.

"Kami mengapresiasi masyarakat yang sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal," ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Selengkapnya baca di sini

5. Harga Saham Yenny Wahid Terus Turun, Ini Kata Analis

PT Wir Asia (WIRG) emiten yang berfokus untuk membangun ekosistem metaverse terus mengalami pelemahan dalam sepekan terakhir.

Saham milik Yenny Wahid atau Zannuba Arifah Chafsoh Rahman ini dalam sepekan telah turun sekitar 24,25 persen. Meski demikian harga saham WIRG mengalami kenaikan dibanding harga saat listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 4 April 2022.

Siang ini, harga saham WIRG bergerak pada level Rp 1,005 per saham, sementara harga saham WIRG saat IPO Rp 168 per saham.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai, pelemahan saham WIRG terjadi karena ekspektasi investor yang sangat tinggi terkait pembangunan ekosistem metaverse.

Selengkapnya baca di sini

https://money.kompas.com/read/2022/04/28/053500626/-populer-money-cpo-masih-boleh-diekspor-perubahan-sikap-elon-musk-bikin-luhut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke