Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Ungkap 3 Titik Rawan Macet di Puncak Bogor, akan Diterapkan Ganjil-Genap, "Contraflow" hingga "One Way"

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, rekayasa lalin ini diterapkan karena terdapat sejumlah titik rawan kemacetan di Kawasan Puncak, yaitu Restoran Cimory River Side, Pasar Cisarua, dan Taman Safari.

“Selalu ada berita macet di Kawasan Puncak. Dengan adanya rekayasa ini diharapkan lalu lintas bisa lebih terkendali,” ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

Rekayasa lalin akan diberlakukan atas diskresi kepolisian untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di Kawasan Puncak sebelum hingga sesudah Lebaran 2022.

Pasalnya, kawasan Puncak ini merupakan salah satu destinasi tujuan wisata favorit warga Jabodetabek jika ada libur panjang seperti libur Lebaran.

"Pada H-1, sampai dengan beberapa hari setelah Lebaran diprediksi kawasan Puncak akan sangat ramai," kata dia.

Dia juga mengapresiasi Kepolisian Resor Bogor yang telah mempersiapkan jalur alternatif pada masa mudik Lebaran 2022.

Skema rekayasa lalu lintas

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas di Kawasan Puncak.

Sejumlah skema yang akan diberlakukan di kawasan Puncak, di antaranya contraflow, ganjil-genap, hingga pengalihan arus ke jalur alternatif.


Dia menjelaskan, di jalur alternatif yang disiapkan sudah ada petunjuk sehingga pemudik tidak ada pilihan lain saat tanggal genap hanya mobil genap yang dapat melewati jalur Puncak.

"Jadi secara keseluruhan sudah siap tinggal nanti masyarakat bisa tersosialisasikan tentang rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan di kawasan wisata Puncak," ucapnya.

Menhub pada siang tadi mengecek kesiapan pengaturan lalu lintas di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat.

Turut hadir mendampingi Menhub, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, Direktur Lalu Lintas Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Cucu Mulyana, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

https://money.kompas.com/read/2022/04/29/053401826/menhub-ungkap-3-titik-rawan-macet-di-puncak-bogor-akan-diterapkan-ganjil-genap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke