Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Lowongan Kerja Jadi Staf Lokal KBRI di Luar Negeri, Ini Syaratnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membuka lowongan kerja bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk menjadi pegawai setempat pada perwakilan Republik Indonesia (RI) di luar negeri.

Bagi Anda yang berminat menjadi staf lokal di Kedutaan Besar RI atau Konsulat Jenderal RI di luar negeri, simak informasi seputar seleksi dan persyaratannya berikut ini.

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, pendaftaran seleksi penerimaan calon pegawai setempat pada perwakilan RI di luar negeri pada 2022 dimulai 13 April 2022 pukul 13.00 WIB. Lowongan kerja ini akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2022 pukul 23.59 WIB.

Seluruh tahapan seleksi penerimaan calon pegawai setempat pada perwakilan RI di luar negeri tahun anggaran 2022 dilakukan secara daring. Pendafataran dapat dilakukan melalui laman https://ecps.kemlu.go.id dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK).

Terdapat dua tahapan seleksi yang harus diikuti calon staf lokal di Kedutaan Besar RI. Tahap pertama meliputi seleksi berkas, ujian tulis pengetahuan umum, ujian bahasa Inggris, ujian bahasa asing lainnya (bagi pelamar yang menguasai bahasa asing lainnya), psikotes, dan wawancara dengan panitia seleksi.

Kemudian tahapan kedua meliputi wawancara dengan perwakilan RI di luar negeri dan uji kompetensi lainnya jika dianggap perlu oleh perwakilan RI di luar negeri.

Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi pelamar

Setelah memenuhi persyaratan administrasi, pelamar selanjutnya bisa mengunggah berkas lamaran melalui laman https://ecps.kemlu.go.id/. Berikut rincian berkas lamaran yang wajib diunggah:

Pihak Kemlu juga menyebutkan, ada beberapa berkas lamaran yang tidak wajib diunggah calon pelamar, antara lain sebagai berikut:

Informasi resmi terkait dengan seleksi penerimaan calon pegawai setempat pada perwakilan RI di luar negeri 2022 hanya dapat dilihat pada laman https://ecps.kemlu.go.id dan akun Instagram resmi Biro SDM Kementerian Luar Negeri @bsdm.kemlu.

https://money.kompas.com/read/2022/04/29/190147026/ada-lowongan-kerja-jadi-staf-lokal-kbri-di-luar-negeri-ini-syaratnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke