Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Sebut Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan Merak Mulai Terurai

"Setelah tadi pagi sampai siang saya ke Merak. Kami melakukan satu upaya untuk menambah Pelabuhan yaitu Indah Kiat dan Ciwandan. Sore ini kondisi terlihat lebih lancar dan berdasarkan pengecekan di Posko ASDP terjadi satu penurunan antrean kendaraan menjadi lebih pendek," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Berdasarkan data ASDP, pergerakan penumpang di pelabuhan mencapai sekitar 37.000 kendaraan pada Jumat (29/4/2022), atau lebih tinggi daripada jumlah penumpang mudik pada tahun 2019 yang mencapai puncak sekitar 28.000 kendaraan dalam sehari.

Selain di penyeberangan, kondisi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta ke arah timur hingga Gerbang Tol (GT) Kalikangkung-Semarang juga relatif lebih lancar.

"Seperti terlihat di CCTV Posko Jasa Marga, dari Kilometer 70 sampai dengan Kilometer 414 Kalikangkung (Semarang) terpantau lancar, begitu juga di Cipularang dan Tol Layang MBZ tidak ada kemacetan," kata dia.

Sementara di sektor udara, Menhub mengatakan, telah terjadi penurunan pergerakan penumpang pada hari ini atau H-2 Lebaran, dibanding H-3 atau 29 April.

"Setelah pergerakan pesawat sempat menembus 1.054 flight. Hari ini relatif turun sekitar 900 flight," ucap Budi Karya.

Di sektor transportasi laut, Menhub juga menyebut tidak ada kejadian yang menonjol dan pergerakan penumpang kapal relatif terkendali. Hal itu lantaran terdapat penambahan dua pelabuhan serta kapal tambahan yaitu untuk di Dermaga Ciwandan sebanyak 9 kapal dan Dermaga Indah Kiat 2 kapal.

Dengan adanya dua pelabuhan dan kapal tambahan dapat mengalihkan sekitar 3.000 penumpang sehingga dapat memecah kepadatan yang ada di Merak. Di Merak sendiri sudah ada 44 kapal. Jadi total sekarang sudah ada 53 kapal.

"Saya sampaikan terima kasih kepada para petugas yang bekerja di lapangan, terutama kepada rekan-rekan kepolisian yang bekerja luar biasa mengatur lalu lintas, dalam upaya mewujudkan mudik yang aman dan sehat dan menbawa kegembiraan bagi masyarakat," pungkas Budi Karya.

https://money.kompas.com/read/2022/04/30/204848526/menhub-sebut-kepadatan-kendaraan-di-pelabuhan-merak-mulai-terurai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke