Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

PLN Pastikan Pasokan Listrik Selama Mudik Lebaran 2022 Mencukupi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memastikan pasokan listrik selama periode mudik Lebaran 2022 mencukupi.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, saat ini total kapasitas pembangkit listrik di Indonesia sebesar 64,3 GigaWatt (GW)sedangkan beban puncaknya sekitar 30-31 GW.

"Untuk itu saya bisa mengumumkan dari sudut pandang kapasitas kita aman dlm menghadapi lebaran Iidul Fitri," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Pusat PLN, Jakarta, Minggu (1/5/2022).

Dia pun memerincikan untuk wilayah Pulau Jawa, Madura, dan bali daya mampu pasok listriknya sebesar 32 GW sedangkan beban puncaknya sekitar 19,5 GW.

Kemudian di Pulau Sumatera dan Kalimantan, daya mampu pasok listriknya sebesar 10,1 GW dan beban puncaknya sekitra 7,76 GW.

Demikian juga dengan Pulau Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara, daya mampu pasok listriknya sebesar 3,5 GW dan beban puncaknya sekitar 2,9 GW.

"Artinya reserve marginnya cukup dan pasokannya juga cukup," kata dia.

Selain dari sisi kapasitas pembangkitnya, PLN juga mempersiapkan keamanan pasokan cadangan dari energi primer yang ada di masing-masing pembangkit.

Misalnya dengan memastikan cadangan batu bara untuk PLTU aman hingga 15 hari ke depan, begitupun dengan cadangan gas pipa, LNG, dan BBM.

"Kami juga bisa mengumumkan bahwa keamanan dari pasokan energi primer di seluruh pembangkit PLN adalah dalam kondisi aman. Untuk itu, diharapkan tidak ada disrupsi atau gangguan dari pasokan listrik selama masa Lebaran ini," ucapnya.

Antisipasi kondisi cuaca ekstrem

PLN juga mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini dengan meminta seluruh unit di wilayah-wilayah untuk terus bersiaga jika ada kondisi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi timbulkan masalah kelistrikan.

"Kami memerintahkan seluruh personel agar siaga, kami juga perintahkan kendaraan dan peralatan semuanya harus dalam kondisi siap dalam status on dan standby. Sehingga jika ada gangguan kami perintahkan pasukan kami di lapangan harus bergerak cepat," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/01/131500526/pln-pastikan-pasokan-listrik-selama-mudik-lebaran-2022-mencukupi

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+