Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bitcoin dan Dogecoin Melemah, Ethereum Menguat, Cek Harga Kripto Hari Ini

Nilai mata uang kripto paling redup adalah Polkadot (DOT) yang ambles 3,17 persen pada level 14,9 dollar AS, Solana (SOL) melemah 2,8 persen pada posisi 87,66 dollar AS, dan Dogecoin (DOGE) turun 1,84 persen di level 0,13 persen.

Pelemahan juga terjadi pada Cardano (ADA) yang turun 1,25 persen di level 0,78 dollar AS, Bitcoin (BTC) pada level 38.543 dollar AS atau melemah 0,05 persen, dan Binance Exchange (BNB) di level 389,9 dollar AS atau terkoreksi 0,34 persen.

Namun demikian, Terra (LUNA) naik 1,5 persen pada posisi 84,44 dollar AS, dan Ethereum (ETH) di level 2.858 dollar AS atau menguat 0,7 persen.

Pagi ini Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) masing – masing turun 0,02 persen pada posisi 1 dollar AS. Sebagai informasi USDT dan USDC merupakan mata uang kripto golongan stable coin atau jenis mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS.

Mengutip Coindesk, sebagian besar aset kripto diperdagangkan lebih rendah pada hari Senin, merespon penurunan ekuitas global. Bitcoin (BTC), kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, turun kurang dari sebagian besar kripto alternatif (altcoin) bulan lalu, menunjukkan selera risiko yang lebih rendah secara keseluruhan di antara para pedagang.

Namun, beberapa altcoin naik lebih tinggi, termasuk token AVAX Avalanche, yang naik 4 persen selama 24 jam terakhir tetapi turun 17 persen selama seminggu terakhir.

Secara keseluruhan, baik saham maupun kripto telah mengalami pergerakan harga yang berombak selama beberapa bulan terakhir.

“Rasio kapitalisasi pasar bitcoin relatif mendominasi terhadap total kapitalisasi pasar kripto. Rasio tersebut meningkat di atas 40 persen sepanjang tahun. Biasanya, rasio dominasi BTC menurun selama periode risk-on karena altcoin mengungguli bitcoin. Selama pasar turun, rasionya naik karena bitcoin mengalami tekanan jual yang lebih sedikit,” seperti dikutip dari Coindesk.

Namun, aliran dana kripto multi-aset terus meningkat tahun ini, yang dapat mencerminkan perlunya diversifikasi di antara investor. Data CoinShares, pada bulan April dana kripto yang berfokus pada bitcoin dan ether menunjukkan arus keluar, sementara dana multi-aset menunjukkan arus masuk.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual mata uang kripto. Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual mata uang kripto.

https://money.kompas.com/read/2022/05/03/074612526/bitcoin-dan-dogecoin-melemah-ethereum-menguat-cek-harga-kripto-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke