Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puncak Arus Balik 6-7 Mei, Pemudik Diminta Kembali Lebih Awal

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan balik mudik lebih cepat dari tanggal puncak arus balik tersebut.

Hal ini agar masyarakat dapat terhindar dari kepadatan lalu lintas yang akan terjadi saat puncak arus balik.

"(Puncak arus balik) 6-7 Mei. Masyarakat diimbau kembali lebih cepat khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Di sisi lain, Corporate Communication dan Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengimbau masyarakat yang saat ini tengah berada di kampung halaman untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek.

Pasalnya, melihat jumlah masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2022 sangat tinggi, diperkirakan pada puncak arus balik akan kembali terjadi kepadatan.

Apalagi puncak arus balik cenderung lebih pendek jika dibandingkan dengan arus mudik Lebaran 2022 kemarin.

"Jika semua orang merencanakan pulang di akhir libur panjang, seperti tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022, maka peningkatan lalu lintas serentak secara bersama-sama ini harus diantisipasi oleh pengguna jalan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa.

Jasa Marga selaku operator jalan tol mencatat jumlah kendaraan yang melintasi jalan tol menuju Trans Jawa, Bandung, Merak, dan Puncak mencapai rekor dibanding lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Tercatat sebanyak 1,7 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek. Angka ini naik 9,5 persen dibandingkan dengan Lebaran 2019 lalu atau sebelum pandemi Covid-19.

https://money.kompas.com/read/2022/05/03/210000926/puncak-arus-balik-6-7-mei-pemudik-diminta-kembali-lebih-awal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke