Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Alternatif, Erick Thohir Jamin Pelabuhan Panjang Siap Digunakan untuk Arus Balik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya memastikan aktivitas mudik dan arus balik Lebaran 2022 berjalan dengan baik. Salah satunya pada Pelabuhan Panjang, Lampung yang menjadi pelabuhan alternatif untuk digunakan pada arus balik menuju Pulau Jawa.

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy pun meninjau kesiapan Pelabuhan Panjang, Lampung secara langsung pada Rabu (4/5/2022).

Erick Thohir menilai, sinergi antara BUMN dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan berbagai pihak menjadi salah satu faktor utama keberhasilan arus mudik dan balik pada Lebaran kali ini. Ia bilang, BUMN mendukung operasional di Pelabuhan Panjang yang menjadi pelabuhan alternatif pada arus balik.

"Sejak awal, saya meminta BUMN mendukung Kemenhub dalam mewujudkan arus mudik dan balik yang aman dan sehat. BUMN dan Kemenhub terus berkoordinasi secara intensif dalam mengantisipasi sejumlah dinamika yang terjadi di lapangan," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (4/5/2022).

Menurut Erick Thohir, persiapan maksimal harus dilakukan mengingat arus balik memiliki tantangan yang berbeda ketimbang saat arus mudik. Hal ini tak lepas dari akan berakhirnya masa cuti bersama Lebaran 2022 pada Jumat (6/5/2022) mendatang.

Pada Pelabuhan Panjang tersedia 8 kapal besar yang siap mengangkut penumpang. Adapun PT Pelni (Persero) sendiri menyiapkan 2 kapal untuk membantu perjalanan pemudik dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Sementara sarana dan prasarana, Erick memastikan, sudah disiapkan dengan baik di pelabuhan ini untuk kemananan dan kenyamanan penumpang. Pelabuhan Panjang juga dinilai lebih dekat dengan masyarakat, sehingga bisa memangkas perjalanan darat hingga 70 kilometer.

Oleh sebab itu, diharapkan kehadiran Pelabuhan Panjang dapat menjadi solusi dalam mengurai antrean di Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada arus balik Lebaran. Sekaligus memastikan layanan angkutan Lebaran pada arus balik tetap berjalan lancar, aman, nyaman, dan selamat.

"Kami berharap Pelabuhan Panjang mampu mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Bakauheni pada arus balik Lebaran ini," kata dia.

"Tentu dengan penugasan kepada kami, Kementerian BUMN terus memaksimalkan Pelindo sebagai pelabuhan, Pelni di perkapalan, dan ASDP di penyeberangan. InsyaAllah dengan niat baik kita bisa selesaikan masalah-masalah di lapangan," pungkas Erick Thohir.

https://money.kompas.com/read/2022/05/04/173700926/jadi-alternatif-erick-thohir-jamin-pelabuhan-panjang-siap-digunakan-untuk-arus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke