Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Mudik dan Lebaran, Ekonomi RI Kuartal II Diproyeksi Tembus 5 Persen

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2022 diproyeksi mencapai 5 persen, salah satunya karena momentum mudik Lebaran.

"Pertumbuhan ekonomi di kuartal II yang bertepatan dengan mudik lebaran diperkirakan 4 persen sampai dengan 5 persen (year on year/yoy)," kata Bhima kepada Kompas.com, Kamis (5/5/2022).

Bhima menuturkan, Lebaran tahun 2022 lebih menjanjikan pertumbuhan dibanding dua tahun sebelumnya. Sebab kali ini, ada pelonggaran aktivitas yang diizinkan langsung pemerintah.

Mudik kata Bhima, mampu mendorong permintaan di berbagai sektor, mulai dari jasa transportasi, pakaian jadi, makanan minuman, perhotelan, dan jasa telekomunikasi.

"Secara umum sektor pariwisata diperkirakan tumbuh jauh lebih tinggi dibanding dua tahun sebelumnya. Okupansi hotel di kisaran 80 persen," ucap Bhima.

Selain itu, tempat rekreasi dan fasilitas pendukung wisata pun akan terdorong. Saat menggunakan jalan tol misalnya, belanja wisata sudah bisa terakselerasi di rest area.

Warung makan dan toko yang menjual oleh-oleh di rest area berpotensi turut mengalami kenaikan omzet. Apalagi kata Bhima, fasilitas publik di rest area sudah semakin baik.

"Ketika sampai di tempat tujuan mudik, pelaku perjalanan menyempatkan untuk berkunjung ke tempat wisata. Apalagi pada puncak mudik tahun ini diperkirakan sektor transportasi darat akan menjadi pilihan karena biaya lebih murah dibanding membawa kendaraan pribadi," beber Bhima.

lebih lanjut Bhima menuturkan, pemulihan ekonomi dipengaruhi oleh pembayaran THR pegawai swasta dan PNS. Hal ini membuat total uang kartal yang beredar selama lebaran tumbuh di atas 60 persen (yoy) menjadi Rp 250 triliun.

"Ini bisa picu pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang lebih tinggi (yang menjadi komponen terbesar dalam pertumbuhan ekonomi). Kelas menengah atas yang lebih imun soal kenaikan harga barang atau inflasi sudah tidak sabar membelanjakan uangnya saat Lebaran," tandas Bhima.

https://money.kompas.com/read/2022/05/05/113000526/ada-mudik-dan-lebaran-ekonomi-ri-kuartal-ii-diproyeksi-tembus-5-persen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke