Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Antrean Panjang di SPBU Rest Area, Pengisian BBM Akan Dibatasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Related Business (JMRB) dan PT Pertamina (Persero) akan membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) di rest area di ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB Meta Herlina Puspitaningtyas mengatakan, upaya ini dilakukan untuk mengurangi antrean di SPBU yang dapat berdampak pada kepadatan di rest area.

"Kami akan membatasi pembelian BBM bagi setiap kendaraan apabila terjadi antrean panjang, untuk mengantisipasi kepadatan di SPBU," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5/2022).

Namun, jika upaya tersebut tidak dapat mengurai kepadatan di rest area, maka pengemudi diminta untuk mengisi BBM di rest area lain atau mencari SPBU lain di luar jalan tol.

"Petugas rest area akan mengarahkan pengguna jalan untuk melakukan pengisian BBM di rest area selanjutnya atau alternatif lain yaitu di jalan arteri," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan kepolisian akan melakukan rekayasa buka-tutup rest area jika rest area mengalami kepadatan atau terjadi antrean hingga jalan utama.

Dia menjelaskan, selama arus mudik Lebaran 2022 kemarin, antrean di rest area juga terjadi di toilet wanita.

Untuk itu JMRB akan mengubah fungsi toilet pria ke wanita jika terjadi penumpukan di toilet wanita.

"Beberapa toilet pria akan dialihfungsikan menjadi toilet wanita secara situasional untuk meminimalisir antrean di toilet," kata dia.

Selama arus balik mudik Lebaran 2022, JMRB akan menambah petugas rest area untuk membantu menunjukkan arah kepada pengunjung dan menempatkan petunjuk arah yang jelas di titik-titik strategis.

Penambahan petugas juga berfungsi untuk memastikan ketersediaan parkir dan menertibkan kendaraan di area parkir.

"Hasil evaluasi kami pada arus mudik kemarin, masih banyak pengunjung yang kebingungan ketika mencari fasilitas rest area, salah satunya adalah toilet," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/05/201000626/antisipasi-antrean-panjang-di-spbu-rest-area-pengisian-bbm-akan-dibatasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke