Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Cara Jualan Online Tanpa Modal?

JAKARTA, KOMPAS.com - Jualan tanpa modal ternyata bukanlah hal yang mustahil. Kemajuan teknologi dapat membuat seseorang memulai bisnis secara online, tanpa modal.

Pun, berjualan online saat ini memiliki peluang yang menjanjikan. Belum lagi dalam momen tertentu misalnya Lebaran dan libur sekolah, bisnis online mendapatkan sentimen positif.

Lalu, bagaimana caranya jualan online tanpa modal?

Dilansir dari modalku.co.id, dikatakan salah satu cara untuk berjualan online tanpa modal adalah dengan menjadi dropshipper.

Salah satu cara jualan online tanpa modal adalah dengan menjadi dropshipper suatu produk. Saat ini, sudah banyak brand besar yang membuka jasa reseller dengan sistem dropship.

Dengan menjadi dropshipper, Anda hanya perlu memperhatikan cara mempromosikan produk.

Sistem dropship ini sangat memudahkan karena Anda hanya menerima pesanan dari konsumen, tanpa perlu memiliki produknya.

Setelah itu, Anda meminta supplier untuk mengirimkan barang langsung ke alamat konsumen. Jadi, Anda sama sekali tidak perlu menyetok atau membeli produknya, sehingga tidak perlu khawatir rugi.

Untuk menjadi dropshipper andal, ada beberapa tips yang perlu diperhatian berikut ini.

1. Gunakan Media Sosial

Jualan tanpa modal sudah tentu memerlukan media sosial untuk tempat promosinya. Berbagai jenis media sosial bisa digunakan untuk berjualan, asalkan tahu cara promosi yang tepat.

Dengan menggunakan media sosial, akan semakin banyak orang yang mengenal produk yang Anda. Saat ini, banyak media sosial yang punya fitur marketplace untuk memudahkan para penjual mempromosikan dan menjual produknya.

2. Unggah Konten Sesuai Tren

Tips berikutnya saat ingin jualan online tanpa modal adalah dengan mengunggah konten sesuai tren yang berlangsung.

Sistem jualan online membuat kekuatan media sosial menjadi hal utama yang harus terus dikuatkan.

Maka, konten di media sosial harus mendapat perhatian yang serius. Buatlah konten yang relevan dengan konsumen. Selain itu, buatlah konten yang sesuai dengan tren yang ada.

3. Buat Foto Produk yang Autentik

Tips lain saat melakukan jualan online tanpa modal adalah dengan membuat foto produk yang autentik.

Selain itu, foto produk berfungsi untuk memberikan informasi sekaligus menarik konsumen agar mau membeli produk tersebut.

Oleh karena itu, jangan sampai membuat foto produk yang asal-asalan, apalagi saat ini kamera ponsel sudah banyak yang bagus untuk membuat foto produk.

4. Berikan Promo Menarik

Tips yang satu ini juga menarik untuk dicoba. Meskipun mengawali dengan jualan tanpa modal, tapi promo bisa menarik banyak konsumen untuk membeli produk Anda.

Modal yang digunakan untuk promo bisa didapatkan dari konsumen setia yang sudah pasti akan membeli produk kita.

Buatlah promo secermat mungkin agar konsumen merasa puas dan Anda tidak terlalu rugi. Promo juga berpotensi untuk meningkatkan ekspansi jualan Anda agar lebih luas dan lebih banyak orang yang mengetahui produk Anda.

5. Perluas Koneksi

Selanjutnya, koneksi yang kita punya bisa menjadi peluang besar dalam cara jualan online tanpa modal.

Koneksi bisa menjadi media untuk memasarkan produk jualan kita. Dengan koneksi, kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk mengiklankan produk di media berbayar.

Zaman sekarang, sudah banyak orang menggunakan media sosial. Kemungkinan besar, relasi yang kita punya juga menggunakan media sosial. Mereka bisa membantu mempromosikan produk di media sosial masing-masing, sehingga teman atau pengikut mereka melihat produk yang Anda punya.

Masa libur lebaran ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk pada keluarga serta kolega.

https://money.kompas.com/read/2022/05/06/123200126/bagaimana-cara-jualan-online-tanpa-modal-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke