Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

H+3 Lebaran, Volume Arus Mudik di Stasiun Masih Cukup Tinggi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mencatat arus mudik masih cukup tinggi pada hari ini meskipun Idul Fitri sudah berlalu.

Hal ini terlihat dari masih tingginya jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun Daop 1 Jakarta, seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, secara total terdapat 25.400 penumpang yang berangkat dari Daop 1 Jakarta pada hari ini.

Sementara pada Kamis kemarin, jumlah penumpang di Daop 1 lebih banyak, yaitu 28.700 orang. Artinya, arus mudik sudah semakin berkurang.

"Untuk volume penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta saat ini juga terbilang masih cukup tinggi," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Pada hari ini keberangkatan penumpang di Daop 1 Jakarta paling banyak terjadi di Stasiun Pasar Senen, di mana volume penumpang berangkat sebanyak 15.400 orang.

Untuk menampung volume penumpang tersebut PT KAI mengoperasikan 2 kereta api tambahan sehingga terdapat 29 kereta api yang beroperasi hari ini di stasiun tersebut.

Kemudian, volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir juga cukup banyak, yaitu mencapai 10.000 orang.

Stasiun Gambir mengoperasikan 36 kereta api dan 8 di antaranya merupakan kereta tambahan.

Dengan demikian, selama masa angkutan lebaran pada 22 April sampai 6 Mei 2022, KAI Daop 1 Jakarta telah menjual 485.200 tiket.

Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

"Meski volume keberangkatan masih tinggi, hari ini sejumlah stasiun di area Daop 1 Jakarta juga mulai menerima kedatangan penumpang dengan volume yang cukup tinggi," jelasnya.

Sebagai informasi, pada periode Angkutan Lebaran yang ditetapkan 22 April-13 Mei 2022, Daop 1 Jakarta menyiapkan sekitar 64 perjalanan kereta api jarak jauh per hari.

Dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 37.400 per hari, di mana kapasitas yang ditetapkan pemerintah untuk kereta api jarak jauh yaitu 100 persen.

https://money.kompas.com/read/2022/05/06/141000826/h-3-lebaran-volume-arus-mudik-di-stasiun-masih-cukup-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke