Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bursa Asia Bergejolak, Indeks Hang Seng Hong Kong Terjun Lebih dari 3 Persen

Indeks Hang Seng Hong Kong memimpin penurunan secara regional sebesar 3,57 persen pada sore hari. Di Cina daratan, Shanghai Composite turun 2,31 persen sedangkan, Komponen Shenzhen melemah 2,1 persen.

"Di Asia tentu saja kami sangat dipengaruhi oleh apa yang dilakukan The Fed (kenaikan suku bunga acuan), dan ekonomi AS, tetapi sekarang kami menghadapi masalah Covid-19 dari China," kata Richard Martin, konsultan bisnis dan direktur pelaksana di IMA Asia, mengutip CNBC.

Data menunjukkan penguncian di China akibat Covid – 19 menghantam lebih dari sekadar kota Beijing dan Shanghai. Namun juga tempat–tempat dimana sebagian besar infeksi virus baru ditemukan.

“Banyak komponen dan material yang keluar dari China, jadi kita akan mengalami kekurangan komponen dari China dari sisi suplai ke pasar di seluruh Asia, karena China akan menghentikan operasional pabrik berjalan,” kata Martin.

Saham teknologi juga tertekan dengan aksi jual yang cukup tinggi. Ini juga menyusul penurunan hampir 5 persen dari indeks Nasdaq Composite pada perdagangan Kamis di Bursa saham Amerika Serikat atau Wall Street.

Saham Tencent ambles 4,53 persen, sementara Alibaba anjlok 6,46 persen, dan Meituan terperosok 5,22 persen. Sementara itu, Indeks Hang Seng Tech Hong Kong juga turun 5,03 persen. Sentimen risk-off yang lebih luas juga menekan saham kendaraan listrik, dimana Xpeng jatuh 10,24 persen, sementara Nio turun 11,03 persen.

Di Jepang, saham konglomerat SoftBank Group turun 1,78 persen, Kakao Korea Selatan tergelincir 4,83 persen, sementara industri kelas berat Samsung Electronics turun hampir 2 persen. Indeks Kospi Korea Selatan turun 1,17 persen, S&P/ASX 200 di Australia melemah 2,28 persen, sementara indeks Straits Times Singapura terkoreksi 1,29 persen.

Saham–saham di Jepang juga melawan tren keseluruhan secara regional karena kembali diperdagangkan pada hari Jumat setelah ditutup untuk liburan sebagian besar pekan ini. Nikkei 225 naik 0,84 persen, sementara indeks Topix diperdagangkan menguat 1,01 persen. Sementar itu, Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 2,58 persen.

Indeks dollar AS, berada di level 103,66, Yen Jepang diperdagangkan pada 130,57 per dollar AS, dan dollar Australia berada di 0,71 dollar AS. Harga minyak lebih tinggi pada jam perdagangan sore ini, dengan patokan internasional minyak mentah berjangka Brent naik 0,59 persen menjadi 111,55 dollar AS per barel. Minyak mentah berjangka AS juga naik 0,61 persen menjadi 108,92 dollar AS per barel.

https://money.kompas.com/read/2022/05/06/142000026/bursa-asia-bergejolak-indeks-hang-seng-hong-kong-terjun-lebih-dari-3-persen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke