Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Jember Didarati 2 Pesawat Carter di Libur Lebaran, Siapa Penumpangnya?

KOMPAS.com - Sebanyak dua kali pesawat sewa yang mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember, Jawa Timur, selama libur Lebaran 2022 karena memang tidak ada penerbangan komersial di bandara tersebut.

"Kami menerima permintaan slot time dua pesawat carter yang mendarat di Bandara Notohadinegoro selama libur Lebaran 2022, namun kedua pesawat itu tidak membawa pemudik atau berkaitan dengan aktivitas mudik," kata Kepala UPT Bandara Notohadinegoro Jember Edi Purnomo dilansir dari Antara, Minggu (8/5/2022).

Menurut dia, pesawat carter yang mendarat disewa oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto saat datang dan pulang dari Jember, kemudian pesawat sewa menjemput rombongan penyanyi Pamungkas usai manggung di Jember.

"Hari ini pesawat carter menjemput sekitar 30 orang yang merupakan rombongan dari penyanyi Pamungkas dan Tulus di Bandara Notohadinegoro Jember," tuturnya.

Ia menjelaskan status Bandara Notohadinegoro Jember yang berada di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung tersebut buka, sehingga petugas tetap bersiaga selama hari efektif, meskipun tidak ada penerbangan komersial di bandara tersebut.

"Apabila sewaktu-waktu ada pesawat carter yang mendarat maka petugas sudah siap. Namun, biasanya maskapai mengirim surat permohonan slot time lebih dulu untuk bisa mendarat di sebuah bandara," katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga menerima permohonan pendaratan pesawat carter untuk Wakapolri yang akan menghadiri acara di Universitas Jember pada Sabtu (14/5/2022).

Edi berharap Bandara Notohadinegoro bisa segera beroperasi kembali setelah dua tahun pandemi Covid-19. Namun begitu, rute Jember-Surabaya sepertinya masih sepi peminat dan perlu dikaji rute yang baru.

Beberapa warga Jember, lanjut dia, juga sempat menanyakan kapan Bandara Notohadinegoro beroperasi untuk penerbangan komersial. Tapi pihak maskapai juga mempertimbangkan okupansi penumpang masih rendah, sehingga belum bisa melayani penerbangan komersial rute Jember-Surabaya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/08/211617826/bandara-jember-didarati-2-pesawat-carter-di-libur-lebaran-siapa-penumpangnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke