Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik Lebaran 2022, Sektor Transportasi Diperkirakan Raup Omzet 150 Persen

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah, Sarman Simanjorang mengatakan, peningkatan omzet ini dikarenakan tingginya animo masyarakat untuk mudik tahun ini.

Seperti diketahui, tahun ini adalah pertama kalinya pemerintah memperbolehkan mudik setelah dua tahun sebelumnya dilarang karena pandemi Covid-19.

"Sektor usaha transportasi baik darat, laut dan udara akan produktif selama musim liburan Idul Fitri tahun ini dan meraup kenaikan omzet hampir 150 persen," ujar Sarman saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Berdasarkan survei Balitbang Kementerian Perhubungan, diperkirakan jumlah pemudik tahun ini mencapai 85,5 juta orang di mana 47 persennya menggunakan kendaraan jalur darat baik pribadi maupun umum.

Melonjaknya pergerakan masyarakat ini tentu akan berdampak pada industri transportasi terutama di darat seperti kereta api, bus, travel, hingga rental mobil.

Tak hanya itu, sektor kuliner, pakaian, penginapan, destinasi wisata dan sebagainya turut mendapat cipratan kenaikan omzet selama penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini.

Oleh karenanya, mudik Lebaran dari tahun ke tahun merupakan momentum untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Pasalnya, di periode ini menjadi puncak perputaran uang terbesar dan merata di Indonesia karena akan terjadi aktivitas ekonomi yang sangat deras dari kota ke daerah tujuan mudik.

"Kita perkirakan akan terjadi perputaran uang di kisaran Rp 28-42 triliun selama libur Idul Fitri ini," kata Sarman.

Kendati demikian, dia berharap pelayanan transportasi umum selama perhelatan mudik berlangsung selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini agar setelah periode mudik Lebaran selesai, tidak terjadi lagi kasus lonjakan Covid-19 yang nantinya akan berdampak pada perekonomian.

"Kementerian terkait agar dapat melakukan pengawasan terhadap perusahaan operator angkutan darat, laut, dan udara agar protokol Kesehatan dapat diterapkan selama mudik," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/09/185000226/mudik-lebaran-2022-sektor-transportasi-diperkirakan-raup-omzet-150-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke