Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengusaha: Jangan ke Jakarta kalau Berijazah tapi Tak Punya "Skill"

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, perusahaan di kota-kota besar seperti DKI Jakarta membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahlian.

Oleh karenanya, jika pekerja dari daerah ingin mencari kerja di kota besar perlu membekali diri dengan keahlian yang mumpuni dan tidak hanya modal nekat.

"Tentu kesempatan mendapat pekerjaan di kota lebih terbuka asalkan memiliki keahlian dan skill yang mumpuni. Jika hanya sekadar mengandalkan ijazah tentu berat persaingannya," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Dalam beberapa posisi pekerjaan memang ada perusahaan yang memberikan pelatihan singkat kepada pekerja baru yang tidak memiliki keahlian sebelumnya.

Namun, umumnya pelatihan ini hanya diberikan secara singkat sehingga pekerja tetap harus memiliki keahlian dasar terlebih dahulu.

"Dunia usaha di Jakarta membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai dan memiliki skill serta pengalaman, waktu melakukan training sudah sangat terbatas," kata dia.

Kendati demikian, dia tidak mempermasalahkan fenomena yang kerap terjadi setelah arus balik mudik Lebaran ini, di mana akan terjadi urbanisasi untuk mengadu nasib di kota-kota besar.

Namun, dia memperingatkan tenaga kerja dari daerah untuk memiliki keahlian yang mumpuni agar dapat bersaing dengan tenaga kerja di kota besar yang sebagian besar memiliki kemampuan yang beragam.

Jangan sampai tenaga kerja dari daerah ini hanya menambah jumlah pengangguran di kota-kota besar semakin tinggi dan membuat kota semakin padat.

"Jika skill dan keahliannya tidak mumpuni, lebih baik tidak ke Jakarta karena akan menjadi beban pemerintah," tegasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/10/110000726/pengusaha-jangan-ke-jakarta-kalau-berijazah-tapi-tak-punya-skill

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke